Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTB Siap-siap Jadi Destinasi Wisata Syariah

Kompas.com - 26/04/2015, 10:07 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi mengatakan jika saat ini daerah yang dipimpinnya sedang bersiap menuju pengembangan wisata syariah di Indonesia.

"Kami ingin NTB menjadi daerah wisata islami dan menjadi daerah tujuan wisata keluarga," katanya di Mataram, Jumat (24/4/2015).

Menurut dia, konsep pariwisata syariah tidak hanya mesti di negara yang memang mayoritas penduduknya beragama muslim. Karena, di beberapa negara seperti Jepang, dan Korea Selatan, konsep wisata syariah mulai dikembangkan.

"Kita memiliki potensi untuk mengembangkan konsep wisata syariah. Padahal konsep ini bukan berarti mengabaikan wisatawan lain, melainkan orang yang datang ingin mendapatkan pelayanan yang lebih aman, salah satunya makanan berlabel halal," jelasnya.

Pemerintah Provinsi NTB sendiri, katanya, tengah menyiapkan semua hal yang diperlukan dalam pengembangan wisata syariah tersebut.

Sehingga saat konsep sudah berjalan, wisatawan yang datang mengunjungi daerah ini, bisa mendapatkan dan merasakan pelayanan sesuai dengan konsep tentang wisata syariah.

"Semua ini sedang kita persiapkan dari sekarang, seperti makanan berlabel halal. Makanya nanti semua unsur akan dilibatkan seperti MUI, unsur terkait, organisasi keagamaan, tokoh agama, para pelaku wisata, guide, travel agent, dan lainnya," katanya.

Selain keterlibatan dalam mempersiapkan konsep dan pengembangan wisata syariah. Diharapkan nantinya semua unsur yang terlibat dalam pariwisata di daerah ini juga ikut menyuarakan wisata syariah di dearah ini sampai seluruh Indonesia hingga di seluruh dunia.

"Nanti selain terlibat dalam pengembangan wisata syariah kita meminta mereka juga menyuarakan soal wisata syariah ini ke para wisatawan," ujar Zainul Majdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com