Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Kolaborasi 6 Juru Masak di Ubud

Kompas.com - 01/05/2015, 08:47 WIB
Kontributor Travel, Oky Hartanto

Penulis

GIANYAR, KOMPAS.com - Bagaimana jika 6 koki atau chef dari restoran terpandang berkumpul jadi satu dan menyajikan masakan khas dari dapur mereka masing-masing? Restoran CasCades yang terletak di Viceroy Bali kali ini menjadi tuan rumah Ubud Chefs’ Collaboration Lunch. Enam chef terkenal dari 6 restoran terpandang di Ubud menyajikan sajian makan siang dengan pemandangan ngarai areal Ubud.

“Para tamu tidak hanya menikmati sajian masakan berkualitas pada Sabtu, 11 April lalu, namun juga turut menyumbang bagi anak-anak cacat di sekitar Ubud,” ujar Anthony Syrowatka, General Manager Viceroy Bali, Luxury Villas, Restaurant and Spa.
 
“Dana yang terkumpul dari acara makan siang bersama 6 chef Ubud ini sejumlah Rp 30 juta dan langsung diserahkan pada Kupu-Kupu Foundation demi membantu anak-anak cacat di areal Ubud,” tambah Anthony Syrowatka.

KOMPAS.COM/OKY HARTANTO Tiger Prawns and Smoked Lemon Balm Leaves with A Bisque Crustacés Vinaigrette. Menu ini disajikan salah satu dari enam chef terkenal dari 6 restoran terpandang di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, dalam acara Ubud Chefs’ Collaboration Lunch, Sabtu (11/4/2015).
Nic Vanderbeeken, chef CasCade Restaurant juga turut berterima kasih kepada rekan-rekannya sesama chef di Ubud atas partisipasi mereka pada acara kali ini.
 
Tidak hanya Nic Vanderbeeken dari CasCade, para tamu pada siang itu juga menikmati racikan masakan dari Eelke Plasmeijer dan Ray Adriansyah dari Locavore, Fernando Corella dari Mozaic Ubud, Made Lugra dari Ayung Resort, Mandif Warokka dari Blanco par Mandif, dan Will Goldfarbwith dari Room 4 Dessert. Seluruh menu yang disajikan pada kali ini juga merupakan menu yang dapat Anda temukan di masing-masing restoran mereka.

KOMPAS.COM/OKY HARTANTO Poached Boston Lobster with Radish Puree and Chargrilled Watermelon. Menu ini disajikan salah satu dari enam chef terkenal dari 6 restoran terpandang di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, dalam acara Ubud Chefs’ Collaboration Lunch, Sabtu (11/4/2015).
Canape dan Amuse Bouche buatan Nic Vanderbeeken menjadi hidangan pembuka pada Ubud Chefs’ Collaboration Lunch. Tiga macam canapé, Vitello Mackerel Rolls, Tuna Tartare diatas Kerupuk Beras Ketan dan Parmesan Sphere dengan Avocado Veloute, menemani para tamu sebelum memulai makan siang. Kemudian dilanjutkan dengan menu Amuse Bouche berupa sumsum tulang dengan acara ketimun, croutons asap, dan mayones tuna wasabi.
 
Sementara chef dari Locavore, Eelke Plasmeijer dan Ray Adriansyah melanjutkan perjalanan kuliner dengan menyajikan Tiger Prawns and Smoked Lemon Balm Leaves with A Bisque Crustacés Vinaigrette. Fernando Corella pada siang itu menyajikan Poached Boston Lobster with Radish Puree and Chargrilled Watermelon, dan diakhiri dengan dessert berupa Balinese Lime Meringue with Coconut Candy and Palm Sugar hasil kolaborasi Nic Vanderbeeken dan Will Goldfarbwith, untuk makan siang sesi yang pertama.
 
KOMPAS.COM/OKY HARTANTO Seared Foie Gras with Pomegranate Cherry Reduction, Apple, Brioche Crumble, Cabbage Truffle and Mango Chutney. Menu ini disajikan salah satu dari enam chef terkenal dari 6 restoran terpandang di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, dalam acara Ubud Chefs’ Collaboration Lunch, Sabtu (11/4/2015).
Sesi berikutnya giliran Made Lugra dari Ayung Resort menyajikan menu andalannya, yaitu Seared Foie Gras with Pomegranate Cherry Reduction, Apple, Brioche Crumble, Cabbage Truffle and Mango Chutney. Dilanjutkan dengan Soya Glazed Lamb Rack with Jack Fruit, Burnt Leeks and Yellow Curry. Kolaborasi chef Ubud pada siang hingga sore hari tersebut pun diakhiri dengan dessert andalan Room 4 Dessert, yaitu Local Cacao Mousse with Mangosteen Sorbet and Campari.
 
Rocky Lando, salah satu pemasok wine di Bali dan juga merupakan salah satu tamu pada acara ini mengatakan, “Acara seperti ini harus lebih sering diadakan, kolaborasi chef dari Ubud dalam satu acara dan menyajikan sajian dari menu pembuka hingga penutup sambil beramal merupakan ide yang sangat bagus.”
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com