Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk... Pilih Sendiri Berbagai Petualangan Menarik di Perth!

Kompas.com - 13/05/2015, 10:34 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

 

KOMPAS.com - Perth adalah salah satu tempat pelesir paling asyik di muka bumi. Menelusuri kota mencari oleh-oleh unik, bersepeda keliling taman yang hijau, atau sekadar berfoto-foto santai di pantai sambil bermandikan cahaya matahari. Semua itu bisa dinikmati hampir sepanjang tahun di Perth.

Ya, walau memiliki empat musim, wilayah Australia Barat ini beriklim mediterania. Bahkan, suhu musim dingin di Perth bisa dibilang bersahabat, yaitu rata-rata 18 sampai 21 derajat Celsius.

Tak heran, Perth menjadi destinasi pilihan warga Australia jika ingin berwisata dalam suasana alam yang hangat. Berdasarkan data Pemerintah Australia 2012, kedatangan pelancong ke Perth mencapai 2.8 juta wisatawan domestik dan 700 ribu turis mancanegara.

Daya tariknya banyak, baik di kota, pantai, bahkan alam terbuka. Liburan akan penuh warna karena ragam wisata kota Perth yang tidak ada habisnya, seperti berikut ini:

Pilih Bersepeda atau Sandiwara Musikal

Pagi dan sore hari di Perth adalah waktu yang tepat untuk berwisata kota (city tour). Pilihlah bersepeda untuk mengelilingi kota ini, karena jalanan tidak padat dan memiliki jalur sepeda tersendiri.

Bawalah sepeda Anda ke Wolf Lane untuk menikmati suasana kafe, bar, atau berbagai butik unik. Tetapi, jika Anda lebih tertarik dengan karya desainer ternama dan restoran bergengsi, Anda bisa pergi ke kawasan Northbridge. 

Lelah? Simpan sepeda Anda dan naiki bus gratis untuk menjajaki toko barang antik di Oxford Street Leederville.

Untuk sekadar jalan-jalan santai, Anda bisa pergi ke Kings Park dan Perth Botanic Garden. Di sini Anda menikmati keindahan suasana Swan River dan Canning River. Sambil menyusuri padang semak, taman, dan danau di wilayah tersebut, Anda juga bisa melihat birunya langit kota yang menakjubkan dan panorama Pegunungan Darling Range.

Khusus Anda pecinta seni dan budaya, sandiwara megah dan pertunjukan musikal dapat disaksikan di Perth Theatre dan Perth Concert Hall. Tapi, jika minat Anda adalah mengunjungi museum, datang saja ke Western Australian Museum untuk melihat berbagai koleksi ilmiah dan budaya dari warga setempat. Selain itu, ada juga Art Gallery of Western Australia yang memamerkan karya seni masyarakat pribumi di sana.

Shutterstock Pantai Cottesloe, rumah bagi 150 ekor lumba-lumba hidung botol yang lucu. Anda bisa menikmati tingkahnya yang menggemaskan sambil berlayar atau berenang.

Pesisir Pantai Perth

Australia terkenal dengan pantai cantik atau tempat berselancar yang menantang, seperti Bondi Beach, Wells atau Whitehaven. Perth sendiri punya beberapa koleksi pantai unggulan. Serunya lagi, pantai-pantai di sana dapat ditelusuri satu per satu secara berurutan sambil mengendarai mobil.

Pantai Cottesloe bisa Anda jadikan tujuan awal. Pantai terletak di pinggir barat Perth ini menjadi favorit keluarga untuk berenang, snorkeling, dan menikmati matahari terbenam. Bentangan pasir keemasan, air sebening Kristal, dan buih-buihnya terkenal di mata para perenang dan peselancar bodyboard, dan peselancar air. 

Cottesloe juga memiliki hamparan rumput hijau dengan cemara Norfolk raksasa. Cocok untuk Anda yang senang menggelar piknik santai, atau bahkan bermain golf bersama keluarga.

Melangkah dari Cottesloe, ada pantai Rockingham. Keindahannya terkenal sampai seluruh penjuru Australia Barat. Dari dermaga Rockingham, Anda bisa mengikuti wisata berenang tengah laut.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com