Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal Merah, Pengunjung Kota Tua Kecewa

Kompas.com - 17/05/2015, 07:04 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Niat hati mengisi libur panjang akhir pekan, namun tak sedikit pengunjung kawasan wisata Kota Tua justru kecewa. Kekecewaan mereka museum-museum di kawasan itu tutup karena tanggal merah atau hari libur nasional.

"Kalau museum-museum kan jatuhnya PNS, jadi mereka libur," ujar Staf Operasional Jakarta Old Town Revitalization Corporation (JOTRC), Sry Mayanthi Munthe, Sabtu (16/5/2015).

Kebanyakan pengunjung memang tidak tahu waktu operasional museum yang ternyata tutup pada hari libur nasional. Karena tutup, para pengunjung yang kecewa lantas memilih untuk mencari destinasi wisata lain.

"Kita enggak tahu (kalau libur), jadi mau ke Monas aja deh abis ini," ujar salah satu pengunjung, Ulfah.

Lain halnya dengan Ulfah, pengunjung lain, Suharyati, memilih untuk tetap berada di Kawasan Kota Tua dan menikmati atraksi-atraksi yang ada.

"Males saya, biarin anak saya naik odong-odong aja sambil foto-foto nanti," kata warga Pulogadung, Jakarta Timur ini.

Para pengunjung yang memilih tetap berada di Kawasan Kota Tua akhirnya memadati Plaza Fatahillah. Beberapa atraksi seperti penyewaan sepeda onthel hingga foto bersama ondel-ondel memang menjadi pilihan para pengunjung untuk mengisi kekecewaan mereka. Selain itu, para penjaja kuliner juga laris diserbu para pengunjung.

Kawasan wisata Kota Tua memiliki beberapa museum sejarah yang kerap dikunjungi wisatawan. Museum-museum tersebut meliputi Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, serta Museum Seni Rupa dan Keramik. Museum-museum itu buka di hari Selasa-Minggu, sedangkan Senin dan hari libur nasional tutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com