Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sape, Pintu masuk dari Sumbawa ke Taman Nasional Komodo

Kompas.com - 17/05/2015, 10:47 WIB
KOMPAS.com - Sape adalah pelabuhan paling timur di Pulau Sumbawa dan merupakan bagian Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pelabuhan ini memiliki peran penting bagi kapal feri yang akan menyeberangkan wisatawan ke Labuan Bajo, di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Banyak dari teman traveler dan fotografer melewati Sape karena sudah tidak sabar ke Taman Nasional Komodo. Padahal di daerah Sape inilah ternyata banyak sekali pantai dan pulau pulau kecil yang sangat indah. Saya punya waktu sehari untuk mengeksplor keindahan Sape. Ternyata di sini ada kawasan pantai Lariti di mana untuk menuju ke sana saja jalanannya masih tanah dan berbatu. Tetapi disini kita bisa melihat pemandangan yang sangat memukau.

BARRY KUSUMA Menyeberang di atas pasir menuju ke sebuah pulau di pantai Lariti, Sape, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.
Di kawasan Pantai Lariti inilah ada beberapa pulau. Uniknya dari pulau di Lariti ini ada jalan berpasir untuk menuju pulau. Untuk bisa menikmati Pulau Lariti dan agar bisa berjalan di atas jalan berpasir ini disarankan untuk datang  pada pagi hari. Alasannya, jam 7 sampai dengan jam 8 pagi adalah saat terbaik di mana air laut surut, dan jalan berpasir terlihat sangat jelas di sini.

Kalau sudah melewati jam 11 siang, air laut semakin pasang dan kita tidak bisa melihat lagi dengan jelas jalan berpasir ini. Sayangnya di sekitar pantai banyak terdapat tambak udang yang berpotensi merusak lingkungan sekitar.

BARRY KUSUMA Pelabuhan Sape di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Kota Sape berjarak 3 jam perjalanan dari Kota Bima. Jika anda mampir di kota Bima saya sangat menyarankan Anda untuk mengunjungi Sape dan terutama kawasan pantai Lariti ini, karena di sepanjang perjalanan kita bisa melihat banyak terasering sawah yang sangat memanjakan mata. (BARRY KUSUMA)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com