Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihatlah Anak-anak Indonesia Bermain Gamelan di Luar Negeri...

Kompas.com - 18/05/2015, 09:51 WIB
KOMPAS.com - Setiap hari Rabu, anak-anak Indonesia di kota Brussel melakukan kegiatan seni yaitu menggambar, bermain serta berlatih gamelan Bali. Kegiatan ini merupakan rutinitas untuk  mengajak anak-anak Indonesia yang berdomisili di Belgia mengenal budaya Indonesia melalui kreatifitas berkesenian.

Kegiatan anak-anak Indonesia ini terwadah dalam sebuah taman bermain yang dinamakan "Tamasya" atau Taman Anak Masyarakat Indonesia Belgia. Tamasya didirikan pada tanggal 7 Desember 2011 atas  prakarsa Sartika Oegroseno (istri Dubes Havas Oegroseno), Andi Yudha Asfandiyar (Pembina kreatif menggambar), Made Agus Wardana (pelatih gamelan) dan DWP KBRI Brussel bertindak selaku pembimbing serta dukungan Pensosbud KBRI Brussel.

Awal bulan Februari 2015 lalu, saya secara gencar mengajarkan sebuah gending Bali yaitu tabuh iringan tari Pendet kepada anak-anak Tamasya ini. Waktu pelajaran adalah 2 jam dengan istirahat 20 menit dari pukul 15.00-17.00. Dengan susah payah saya mengajarkan anak-anak ini agar mereka mampu memainkan gending pendet yang akan dipentaskan dalam acara Perayaan Saraswati terbesar di Taman Pairi Daiza, Belgia pada 2 Mei 2015.

MADE AGUS WARDANA Kegiatan anak-anak Indonesia di Brussel ini terwadah dalam sebuah taman bermain yang dinamakan
Waktu yang terlalu singkat membuat hati saya berdebar-debar dan ragu atas kemampuan anak-anak Indonesia ini. Tabuh iringan tari pendet memiliki kerumitan tersendiri, karena adanya dinamika musik, tempo berubah-ubah, suara keras dan lirih serta konsentrasi tinggi untuk seorang penabuh cilik seperti  grup Tamasya ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com