Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/05/2015, 11:16 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Padang memiliki ragam kuliner yang menarik untuk dicicipi. Mulai dari gulai itik, sate padang, hingga rendang. Namun ada satu kuliner yang wajib yang Anda cicipi ketika mengunjungi provinsi yang terkenal dengan obyek wisata Danau Maninjau ini. Apalagi jika berkunjung ke Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Kuliner ini bernama teh talua. Dari bahasa Padang, talua berarti telur. Kuliner ini berupa teh yang dicampur dengan kuning telur yang dikocok bersama dalam satu gelas. Selain itu, bahan-bahan campurannya juga berupa gula, susu kental manis, dan irisan jeruk nipis.

KompasTravel beberapa waktu lalu mencicipi kuliner khas Sumatera Barat ini ketika mengunjungi Pantai Sago,  Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Ditemani dengan deburan ombak yang menyapu pasir pantai, sebuah warung menyediakan teh talua. Di bawah atap warung yang terbuat dari daun pohon nipah, kehangatan dari teh talua sebentar lagi akan meresap ke tenggorokan.

Ketika sedang menunggu teh talua datang, bunyi kocokan teh talua telah terdengar. Cukup lama, sang perempuan penjual teh talua tersebut membuat kuliner yang ditunggu-tunggu. Semakin lama, semakin kencang bunyi adukan. Sementara, di Pantai Sago senja hampir tenggelam.

Pemuda kelahiran Sumatera Barat, Sefrizon mengatakan teh talua merupakan minuman yang berkhasiat untuk menjaga stamina. Sambil menunggu tiga gelas teh talua datang, di balik jendela warung, angin pesisir menyampaikan salam kepada cemara yang tumbuh subur. Pantai Sago di balik keindahannya, terdapat kuliner khas ranah Minang ini.

Sang penjual datang sambil membawa gelas-gelas berisikan teh talua. Kemudian kuliner tersebut langsung tersaji di meja. KompasTravel langsung menyeruput teh yang sedikit berbusa di mulut gelas. Rasa manis bercampur kental akibat kocokan yang berulang-ulang. Kalau dilihat, sebenarnya teh talua mirip dengan teh tarik. Namun sensasi rasa yang terasa di lidah sungguh bercampur aneka rasa.

Segelas teh talua di Pantai Sago dipatok harga sebesar Rp 6.000 per gelas. Untuk membuat satu gelas teh talua, penjual di sini memerlukan waktu 10-15 menit. Sefrizon mengatakan jika proses yang lama ini menentukan hasil teh talua yang akan disajikan. Jika berkunjung ke Pantai Sago, jangan lupa mencicipi minuman penambah stamina ini. Untuk masuk ke Pantai Sago, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com