Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menunggangi Kuda, Bima Arya Pimpin Karnaval Budaya di Bogor

Kompas.com - 31/05/2015, 12:44 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyelenggarakan Helaran Festival Budaya 2015, Sabtu (30/5/2015), sebagai salah satu rangkaian kegiatan menyambut Hari Jadi Bogor (HJB) ke-533. Usai membuka Festival Budaya, Wali Kota Bogor Bima Arya langsung menunggani kuda berwarna hitam yang memiliki nama “Putra Ireng” dan memimpin parade budaya itu.

Bersama Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman dan pejabat lainnya, Bima Arya berkeliling menyapa seluruh warga yang hadir di lokasi sambil tak henti-hentinya melambaikan tangan. Ribuan orang memadati Jalan Sudirman, Kota Bogor, yang menjadi jalur yang dilintasi Bima Arya dan peserta festival budaya lainnya.

Melihat Wali Kota-nya berkuda, tak ayal membuat warga semakin ingin mendekat untuk mengabadikan momen yang jarang terjadi. Seorang pengasuh kuda yang ditunggangi Bima Arya mengatakan, kuda yang ditunggangi Bima Arya merupakan kuda yang lahir dan dirawat di daerah Cipaku, Bogor Selatan, Kota Bogor.

“Namanya Putra Ireng, usianya 6 tahun, itu kuda jantan,” katanya.

Saat berpawai, tak henti-hentinya Bima bersama para pimpinan Muspida lainnya melambaikan tangan membalas teriakan dan sapaan warga yang memanggil-manggil namanya. Bima mengenakan pakaian adat Sunda baju kampret dan celana pangsi berwarna putih.

Bima bersama unsur pimpinan Muspida menunggang kuda dari Gelanggang Olahraga (GOR) Pajajaran menyusuri Jalan Jenderal Ahmad Yani hingga Jalan Jenderal Sudirman di simpang Denpom. Lalu kembali untuk menempati panggung VIP yang telah disediakan di depan Museum PETA untuk menyaksikan beragam atraksi seni budaya yang ditampilkan para peserta Helaran Festival Budaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com