Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Etape Tiga "Jelajah Sepeda Papua" Masih Penuh Tanjakan

Kompas.com - 05/06/2015, 05:01 WIB
Wisnubrata

Penulis

SENTANI, KOMPAS.com - Memasuki etape ketiga Jelajah Sepeda Papua, para pesepeda akan menempuh jarak sekitar 85 kilometer. Peserta akan berangkat Jumat pagi (5/6/2015) dari Sentani menuju Jayapura melalui rute-rute berkeliling dan mengunjungi lokasi- lokasi yang berada di perbukitan di Jayapura.

Menurut Road Captain Marta Mufreni, pesepeda akan mengunjungi Mc Arthur - Waena - Abepura - Sky Line - Entrop - Tasangka - Polinak - Pemancar/Jayapura City, diselingi makan siang dan sembahyang jumat di masjid Bucend - Hasrat Abadi - Polinak lll - Kodam - Paldam - APO - Dok V Atas - Mess Polwan - Dok IV - kantor gubernur - lalu finish di Taman Imbi.

"Beberapa titik berada di bukit alias ada tanjakan hari ini," ujar Marta, Jumat pagi (5/6/2015) sebelum rombongan memulai perjalan.

Mengingat etape sebelumnya yang juga penuh tanjakan dan cuaca yang panas, para peserta berharap pada etape ini cuaca lebih bersahabat untuk bersepeda. "Sepertinya hari ini panas seperti kemarin," ujar Devin, salah satu peserta jelajah.

Jelajah Sepeda Papua yang diadakan Harian Kompas dibagi menjadi lima etape dengan waktu lima hari. Berangkat dari Sarmi, Rabu (3/6/2015) pesepeda gowes sejauh 123 kilometer menuju Bonggo pada etape pertama. Di Bonggo para peserta bermalam di tenda. Dilanjutkan keesokan harinya, pada etape kedua, peserta gowes dari Bonggo menuju Sentani yang berjarak 147 kilometer.

Etape ketiga menempuh jarak 85 kilometer dari Sentani ke Jayapura, sekaligus berkeliling di kota Jayapura. Etape selanjutnya adalah Jayapura-Merauke-Sota. Pada etape ini pesepeda terbang ke Merauke, lalu dilanjutkan menempuh jarak 80 kilometer ke Sota, wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini.

Pada etape kelima, setelah menginap di tenda, para pesepeda akan menempuh jarak 90 kilometer dari Sota menuju kota Merauke, melewati Taman Nasional Wasur, dan finish di Lapangan Mandala Merauke.

Jelajah Sepeda Kompas sebelumnya diselenggarakan di berbagai lokasi, seperti melintasi Pulau Jawa, Sumatra, mengelilingi Kalimantan dan Sulawesi, serta menjelajahi Bali dan Nusa Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com