Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alasan Mengajak Anak Liburan ke Museum

Kompas.com - 13/06/2015, 13:17 WIB

KOMPAS.com - Saat ini sepertinya minat untuk berkunjung ke museum semakin memudar apalagi untuk anak-anak. Padahal, ketika berkunjung ke museum, ada banyak informasi, pengetahuan, serta fakta-fakta yang bisa kita dapatkan. Untuk mengisi weekend kali ini, tak ada salahnya Anda mengajak anak mengunjungi museum terdekat. Apa saja alasan penting untuk mengajak anak liburan ke museum?

1. Referensi visual.

Anak-anak mungkin belajar mengenai sejarah, geografi, dan ilmu lainnya di sekolah melalui buku pelajaran mereka. Ketika anak berkunjung ke museum dan melihat sesuatu secara visual, maka ia akan mendapatkan pemahaman yang lebih.

2. Menempatkan sesuatu dengan perspektif waktu.

Anak-anak mungkin bisa bingung dengan waktu dari berbagai peristiwa di dunia, baik itu sejarah, politik, dan lainnya. Museum biasanya menggunakan grafik, angka, dan sumber lainnya untuk menempatkan suatu peristiwa dunia dengan perspektif waktu. Ini pun akan membuat anak memiliki perspektif waktu yang lebih luas tentang sebuah peristiwa di dunia.

3. Bisa melihat nuansa yang berbeda atau bahkan yang belum pernah dilihat anak sebelumnya.

Museum adalah tempat yang baik untuk anak-anak mendapatkan nuansa dunia yang belum pernah mereka lihat. Contohnya, mereka bisa melihat fosil dinosaurus, koin-koin atau mata uang kuno, dan lain sebagainya. Dengan ini, mereka bisa mempelajari kehidupan ratusan tahun sebelumnya.

4. Untuk memancing imajinasi dan mendorong rasa ingin tahu.

Dengan mengajak anak berkunjung ke museum, anak akan berpikir tentang bagaimana sebuah pesawat dapat bekerja dengan melihat replika pesawat, mereka juga bisa langsung bertanya-tanya tentang apapun yang mereka lihat di museum. Tentunya hal ini akan menimbulkan rasa ingin tahu anak dan mereka menjadi kaya akan pengetahuan.

5. Menambah teman dan berinteraksi dengan orang banyak.

Mengunjungi museum dapat menjadi kegiatan sosial yang mengubah pengalaman anak, misalnya berkunjung dengan kelompok keluarga atau saudara-saudara dan teman-temannya. Anak bisa saling bertanya atau mengobrol dengan teman-teman sebayanya. Anak juga bisa mendapatkan teman baru ketika berkunjung ke museum.

6. Melampaui bidang yang mereka minati.

Ini maksudnya adalah museum dapat berperan pentin dalam membantu anak-anak untuk mengetahui minat mereka. Misalnya, anak memiliki minat terhadap mumi Mesir dan tak sengaja melihat transportasi kuno di sebelahnya. Itu bisa menjadi kemunculan ketertarikan minat baru mereka.

Itulah beberapa hal penting mengapa harus mengajak anak liburan ke museum. Jika Anda belum memiliki anak, Anda juga bisa mengajak adik, saudara, atau keponakan untuk mengunjungi museum di akhir pekan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com