Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi MERS, KTO Distribusikan "Safety Supplies"

Kompas.com - 16/06/2015, 18:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan terjadinya Middle East Respiratory Syndrome (MERS) di Korea, mulai tanggal 29 Mei lalu, Korea Tourism Organization (KTO) mengoperasikan "tim inspeksi kondisi pasar pariwisata Korea" untuk melakukan inspeksi terhadap dampak dan progres MERS yang berpengaruh pada pasar utama pariwisata Korea.

Dalam kondisi ini, sudah dipersiapkan pelaksanaan langkah-langkah untuk mengantisipasi penyebaran MERS.

Pertama-tama, untuk menciptakan lingkungan yang aman untuk berwisata bagi wisatawan asing, KTO mendistribusikan safety supplies (hand sanitizer) secara gratis kepada 2.268 perusahaan, yang dijamin oleh KTO, seperti fasilitas akomodasi, pertokoan, restoran dan lainnya. Selain itu, KTO juga melengkapi bus-bus pariwisata, yang digunakan oleh grup tur, dengan safety supplies (hand sanitizer, masker, termometer) agar dapat digunakan oleh wisatawan asing.

Selain itu, jika terjadi kondisi darurat seperti dicurigai terinfeksi MERS atau memperlihatkan gejala MERS selama berkunjung ke Korea, maka wisatawan atau travel agent dapat menghubungi hotline (1330) yang dioperasikan oleh KTO (aktif 24 jam dan tersedia dalam 4 bahasa) agar segera mendapatkan tindakan dari rumah sakit dan pusat kesehatan terdekat yang menyediakan layanan bahasa asing.

Direktur KTO Jakarta, OH Hyonjae, dalam siaran persnya kepada KompasTravel, Senin (15/6/2015), mengatakan bahwa MERS ini akan segera mereda. Kasus di mana wisatawan asing terinfeksi MERS selama berwisata ke Korea juga tidak ada. Dan atas permintaan travel agent-travel agent Indonesia, KTO Jakarta Office mengeluarkan safety letter atas nama direktur KTO. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com