Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Berjanji Jaga Kelestarian Goa Terbesar di Dunia

Kompas.com - 18/06/2015, 15:24 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Vietnam telah menolak rencana untuk menempatkan wahana kereta gantung di atas goa terbesar di dunia. Selain itu, Pemerintah Vietnam juga berjanji untuk melestarikannya dalam keadaan alami setidaknya hingga tahun 2030.

Dalam sebuah langkah yang menggembirakan kaum pegiat konservasi, pemerintah telah melarang setiap pekerjaan konstruksi di sistem goa di wilayah Phong Nha-Ke Bang.

Goa ini adalah penemuan Son Doong pada kedalaman 490 kaki di bawah tanah pada tahun 1991. Pesawat Boeing 747 pun dapat memasuki goa ini jika diinginkan. Para penelusur goa dapat mengeksplorasi (sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2013 tetapi izin untuk masuk sangat sedikit) menemukan hutan bawah tanah, fosil karang berusia 350 juta tahu, dan hutan bawah tanah.

Sebanyak 300 goa dan goa-goa lain di Vietnam yang diakui sebagai situs warisan oleh UNESCO pada tahun 2003 sekarang akan terlihat tidak terganggu. Kebanyakan goa-goa tersebut telah berumur 400 juta tahun.

Goa-goa terdalam yang menakjubkan

Berdasarkan thanhniennews.com yang dikutip oleh The Telegraph, sebuah rencana untuk membangun sebuah wahana kereta gantung sepanjang 11 kilometer di atas Goa Son Doong dimunculkan oleh pihak oposisi Vietnam. Setelah pegiat konservasi dan wisatawan menolak rencana tersebut, Nguyen Huu Hoai, wali kota setempat berkomitmen untuk tidak membangun jalan atau pos-pos di dalam goa. Selain itu juga tetap menjaga perjalanan turis dalam skala kecil dan terbatas sejauh 5 kilometer Goa Son Doong yang telah dibuka.

John Spies/Barcroft Media Arsitektur Gua Son Doong, Vietnam.
Fotografer dari Australia, John Spies (59) menghabiskan waktu seminggu untuk memotret keajaiban alam di goa tersebut. "Dengan langit-langit yang menjulang tinggi lebih dari 200 meter di tempat ini, goa adalah pengalaman yang mengagumkan," katanya.

John juga menceritakan bahwa pengunjung harus turun sedalam 80 meter dengan dinding yang curam menggunakan harness dan tali. Perbedaan suhu yang tinggi menciptakan awan berkabut yang bergerak, terutama di dekat dua jendela batuan karst, yang menjadikan goa dengan suasana yang ajaib dan nyata.

Travel Telegraph menyatakan bahwa Taman Nasional Phong-Nha-Ke Bang, utara dari Hoi An menjadi wilayah terpanas di Vietnam pada tahun 2015. Provinsi ini diharapkan dapat menarik 1,35 juta wisatawan ke goa hingga tahun 2030. Penulis lain, Stewart merekomendasikan goa sebagai salah satu dari 20 daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi pada tahun 2015.

John Spies/Barcroft Media Penelusur gua
"Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang dipenuhi dengan sistem goa yang menakjubkan, termasuk goa terbesar di dunia, Goa Son Doong yang memiliki pemandangan spektakuler dengan hutan hujan, puncak karst yang menjulang dan sungai hutan," tulis Steward.

Stewart juga mengatakan bahwa beberapa tahun terakhir, pilihan akomodasi telah banyak hadir untuk memenuhi permintaan. Salah satunya adalah Lake House Resort meskipun hanya ada satu anjungan tunai mandiri (ATM) di dekat kota.

Operator wisata lokal, Oxalis yang dijalankan oleh penelusur goa dari Inggris menawarkan perjalanan berenang ke goa-melalui Goa Tu Lan dan Hang En (goa terbesar ketiga di dunia). Oxalis juga menawarkan wisata ke Son Dooong untuk wisatawan yang beruntung tetapi mereka harus memesan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com