Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramadhan, Banda Aceh Tawarkan Paket Wisata Religi

Kompas.com - 19/06/2015, 13:41 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh terus berupaya mengembangkan pariwisata Banda Aceh sebagai destinasi wisata Islami dunia. Salah satu momen terbaik untuk memperkenalkan pariwisata Banda Aceh adalah Bulan Ramadhan.

"Kami melihat potensi pariwisata Aceh. Aceh sebagai world tourism dapat berkembang dengan baik, terlebih ada Ramadhan," kata CEO Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter, Poernomo Siswoprasetijo, di Jakarta, Kamis (18/6/2015).

Menurut Poernomo, potensi wisata yang dimiliki Banda Aceh cukup besar. Terlebih jika melihat pada wisata sejarah. Seperti Masjid Baiturrahman Aceh yang menjadi pusat peradaban di Aceh.

“Di bulan Ramadhan ini banyak kegiatan masyarakat yang diselenggarakan di sana (Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh),” katanya.

Selain Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami dan Museum Tjut Nyak Dien menjadi destinasi wisata sejarah lain dari Banda Aceh. Untuk Ramadhan, keunikan seni budaya Aceh serta kegiatan selama Ramadhan juga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan.

SERAMBI/M ANSHAR Suasana senja di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Sabtu (29/11/2014). Replika dengan skala 1:25 dari masjid kebanggaan orang Aceh ini telah dibuat di Taman Minimundus di Klagenfurt, ibu kota negara bagian Karintia, Austria, bersama 150 miniatur bangunan terkenal lainnya di seluruh dunia.
“Kita harus bisa mengemas budaya Aceh, termasuk Perda Syariah menjadi kemasan budaya yang jadi daya kuat untuk mendongkrak Pariwisata Aceh,” lanjut Poernomo.

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh pada Mei 2015 lalu meluncurkan paket wisata “Amazing Ramadhan in Aceh”. Dalam paket wisata tersebut, wisatawan dapat menikmati sensasi Ramadhan di Serambi Mekah, mulai dari sahur hingga berbuka puasa.

Kegiatan rohani lainnya, seperti salat tarawih berjamaah di masjid-masjid, khususnya Masjid Raya Baiturrahman, tadarus malam hari, khaduri khatam Al-Quran dan Nuzulul Quran juga bisa dinikmati wisatawan. Tak hanya itu, ziarah kuburan massal korban tsunami Aceh serta berkunjung ke masjid-masjid dan dayah (pesantren) juga masuk dalam paket wisata tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com