Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berenang bersama Hiu Paus? Simak Panduan Berikut

Kompas.com - 21/06/2015, 13:12 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan rasanya berenang bersama ikan terbesar di dunia? Di perairan Kwatisore, Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Manokwari, Papua Barat, pengunjung dapat merasakan sensasi berenang dan berinteraksi bersama hiu paus.

Tak seperti hiu lainnya, hiu paus dikenal cukup ramah dan juga lembut. Hiu paus juga kerap menghampiri manusia yang ada di sekitarnya. Tingkah lakunya ini tak heran menjadikan hiu paus sebagai daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Hiu paus di Taman Nasional Cendrawasih itu pada dasarnya memang jinak dalam tanda kutip. Dia akan cenderung mendekat kepada penyelam artinya sangat friendly,” ujar Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF (World Wide Fund for Nature) Indonesia, Nyoman Iswarayoga, kepada KompasTravel.

Keramahan hiu paus ini diakui Nyoman tentu memberi dampak tersendiri bagi manusia juga bagi hiu paus sendiri. Sebab, pada dasarnya hiu paus tetap sebagai satwa liar yang bisa jadi terganggu dengan aktivitas manusia di sekitarnya. Berikut tips dari WWF untuk berinteraksi dengan hiu paus agar tidak mengganggu si raksasa bawah laut ini.

1. Ikuti instruksi pemandu

Untuk menjaga keamanan, para pengunjung harus selalu mengikuti instruksi yang diberikan pemandu wisata. Pemandu diwajibkan melakukan briefing singkat sebelum wisatawan masuk ke air.

2. Jaga jarak

Para pengunjung harus menjaga jarak untuk memberikan ruang kepada hiu paus. Jarak yang direkomendasikan WWF adalah 2 meter dari tubuh hiu paus dan 3 meter dari ekornya. Sementara kapal harus berada minimal 20 meter dari hiu paus.

3. Batasi kuota

Para pengunjung harus masuk ke dalam sebuah kelompok terdiri dari maksimal enam orang ditambah seorang pemandu. Aktivitas snorkeling juga harus bergantian antar kelompok. penggunaan scuba atau alat bantu pernapasan dalam air juga dibatasi maksimal dua orang dalam satu kelompok. Namun, jauh lebih baik jika para pengunjung tidak menggunakan scuba.

4. Tenang

Berenanglah dengan tenang. Pengunjung dilarang mengeluarkan suara keras, melakukan gerakan mendadak, mencipratkan air atau aktivitas apapun yang dapat mengganggu hiu paus. Bila didekati hiu paus, pengunjung harus tetap tenang dan berenang ke samping.

5. Jangan gunakan lampu kilat

Pengunjung diperbolehkan untuk mengambil foto bersama hiu paus. Namun, jangan gunakan lampu kilat atau flash.

6. Perhatikan waktu

Para pengunjung hanya diberikan waktu berinteraksi dengan hiu paus maksimal 60 menit untuk tiap grup.

7. Jangan memberi makan

Selama snorkeling bersama hiu paus, pengunjung tidak dibenarkan untuk memberi makan hiu paus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com