Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ngabuburit" ke Masjid Kubah Emas...

Kompas.com - 23/06/2015, 15:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com – Menunggu waktu berbuka puasa atau sering dikenal dengan istilah ngabuburit dapat dilakukan dengan cara apa saja. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa adalah berwisata religi ke masjid. Hal tersebut dilakukan oleh tiga warga dari Ciputat, Tangerang Selatan menuju Masjid Dian Al-Mahri, Depok.

“Kita bertiga ngabuburit ke sini (masjid) bisa jadi cara yang beda. Kan biasanya kalo ngabuburit cuma cari makan (untuk berbuka),” kata salah satu pengunjung, Wahdini saat ditemui KompasTravel di Masjid Dian Al-Mahri, Depok, Senin (22/6/2015).

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ini mengatakan jika berwisata ke masjid dapat membuat jiwa menjadi tenang. Ia beralasan dengan mengunjungi masjid dan juga beribadah dapat menjadikan lebih dekat dengan Tuhan.

“Selain itu, tadi kita sempet buka-buka sejarah masjid. Sebelum ini, belum pernah melihat langsung masjid dengan kubah yang (berwarna) emas,” kata Nina, pengunjung yang juga teman dari Wahdini.

Nina yang baru pertama kali berkunjung ke Masjid Dian Al-Mahri mengatakan sebelumnya telah melihat masjid ini di website, majalah, dan juga di kalender. Menurutnya, mengunjungi masjid dapat menjadi salah satu pilihan untuk ngabuburit saat bulan Ramadhan.

“Kita tadi sih dari Ciputat jam 1. Nanti mau buka puasa bersama. Trus mampir ke sini untuk salat Asar dan juga mau lihat-lihat arsitektur masjid yang katanya marmernya dari Turki. Di sini satu jam setengah,” kata Nina.

Masjid Dian Al-Mahri terletak di Jalan Meruyung Raya, Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Masjid ini juga dikenal dengan sebutan “Masjid Kubah Emas”. Disebut demikian karena masjid ini memiliki kubah-kubah yang berwarna emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com