Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Sambil Berbagi, "Ngabuburit" di Kampung Kauman

Kompas.com - 26/06/2015, 13:34 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai destinasi wisata, Kota Yogyakarta telah menjadi salah satu destinasi bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan. Salah satu obyek wisata yang menjadi favorit kunjungan wisatawan adalah Jalan Malioboro. Namun selain itu, ada obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu Kampung Kauman. Di bulan Ramadhan ini, cocoklah "ngabuburit" di Kampung Kauman.

“Banyak orang yang mungkin sering lewat di sekitar (Kampung) Kauman tapi nggak banyak yang sadar keberadaan potensi wisata di sana. Makanya tahun ini buat (acara) di Yogyakarta,” kata salah satu anggota komunitas Traveller Kaskus, Suci Rifani saat dihubungi KompasTravel, Rabu (24/6/2015).

Suci menjelaskan acara yang diselenggarakan setiap tahun ini nantinya akan dimulai dengan walking tour dengan disertai penjelasan dari pemandu wisata dari komunitas lokal. Berbagai aspek-aspek dari obyek-obyek wisata yang ada di Kampung Kauman akan dipelajari bersama.

“Nanti kita bersama adik-adik yatim piatu dan teman-teman pejalan akan belajar sejarah Islam di sana. Umumnya kita akan melihat bangunan, bisa lihat dari segi arsitekturnya, sejarah bangunan dan sejarah hidup tokoh KH. Ahmad Dahlan,” lanjutnya.

Acara wisata sejarah ini akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2015 dan dimulai pada pukul 15.30 WIB. Sejumlah obyek-obyek wisata yang akan dikunjuni adalah Masjid Besar Kauman, Kawedanan Pengulon, Gedung Bustani Aisyiyah, Batik Handle Haji Moeh, Musholla Aisyiyah, Pendopo Tablig, Langgar KH Ahmad Dahlan, Makam Ny Ahmad Dahlan, dan SD Pawiyatan Putri.

“Kita masih membuka pendaftaran untuk para peserta acara wisata sejarah ini. Sementara sudah 30 orang. Kita kasih kuota untuk 50 orang,” ujar Suci.

Belajar dan Berbagi di Kampung Kauman, Yogyakarta merupakan program sosial yang dilakukan oleh Traveller Kaskus sejak tahun 2011. Sebelumnya, program ini selalu dilakukan di Jakarta seperti obyek wisata di Kota Tua. Informasi pendaftaran dapat dilihat di situs www.travellerkaskus.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com