Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NamNam Noodle Bar, Ketika Rasa Vietnam dan Indonesia Berpadu

Kompas.com - 03/07/2015, 15:08 WIB
Mentari Chairunisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sama-sama terletak di wilayah Asia Tenggara membuat makanan Vietnam dan Indonesia memiliki kemiripan rasa. Meski memiliki kemiripan, bukan berarti masing-masing makanan bisa diterima begitu saja dengan lidah warga lokal. Dibutuhkan sedikit penyesuaian rasa dan juga bahan-bahan lain.

Hal itu yang dilakukan NamNam Noodle Bar. Restoran yang menjual aneka kuliner khas Vietnam ini awalnya membuka gerai pertamanya di Singapura. Saat membuka gerainya di Indonesia, pemilik NamNam Noodle Bar, Chef Nam Q Nguyen, harus memutar otak untuk menyajikan hidangan otentik Vietnam, namun tetap sesuai dengan lidah orang Indonesia.

“Kita ubah sedikit, tapi untuk rasa tetap rasa Vietnam,” kata Director NamNam Noodle Bar Indonesia, Tom Suharman, Selasa (30/6/2015).

Beberapa perubahan yang dilakukan antara lain dengan pemilihan daging sapi sebagai bahan baku untuk kaldu pho. Padahal, di negara asalnya, pho banyak terbuat dari daging babi.

“Di sini (Indonesia) kita tidak menggunakan babi, karena Chef Nam mau semua orang bisa menikmati pho yang enak,” lanjut Tom.

Selain daging sapi, Chef Nam juga memilih ayam kampung untuk jadi salah satu varian kaldu dan topping lain yang ditawarkan NamNam Noodle Bar. Tak hanya itu, NamNam Noodle Bar di Indonesia juga menyajikan jeruk kalamansi Pontianak guna menambah rasa asam. Meski terbilang sulit untuk dicari, Chef Nam kukuh untuk tetap menggunakan jeruk kalamansi Pontianak.

“Kalau mau gampang kita bisa pakai jeruk nipis ya, tapi menurut Chef Nam, jeruk nipis kurang berkarakter,” jelas Tom.

Keunikan selanjutnya terletak pada sambal cabai yang dihidangkan di atas meja. Tom mengatakan, penambahan sambal cabai ini baru dilakukan di Indonesia saja. Kata Tom, pemilihan sambal ini karena Chef Nam terinspirasi dari sambal yang biasa disajikan tukang bakso di Indonesia.

KOMPAS.com/Mentari Chairunisa Banh Mi, roti isi Vietnam ala NamNam Noodle Bar

 Biasanya, sambal cabai ini ditambahkan pengunjung dalam semangkuk pho yang mereka pesan. Meskipun terbilang sangat pedas, namun pedasnya saus cabai begitu serasi dinikmati dengan semangkuk pho hangat yang menggugah selera.

Hal lain yang jadi andalan NamNam Noodle Bar Indonesia adalah hadirnya pisang goreng sebagai makanan penutup di restoran ini. Pisang uli yang manis dan empuk disajikan dengan saus santan dan taburan biji wijen.

Penasaran? Kunjungi restoran yang mengusung tema street food Vietnam ini di Plaza Indonesia atau Pantai Indah Kapuk. Jangan lupa juga untuk memesan menu andalan lainnya, seperti roti isi ala Vietnam banh mi dan juga lumpia segar mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com