Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agustus Ini Pelesir ke Bali, Ada Dua Festival Siap Digelar

Kompas.com - 07/07/2015, 08:04 WIB
BALI, KOMPAS.com - Bulan Agustus mendatang, Bali akan menggelar dua festival budaya wisata. Salah satunya adalah Buleleng Festival 2015 pada 4-8 Agustus 2015. Festival ini bertempat di Tugu Singa Ambara Raja, Singaraja.

Dalam festival ini, sebanyak 21 seka (grup) gong dari sembilan kecamatan di Kabupaten Buleleng ikut ambil bagian memeriahkan.

"Lewat festival itu Kami ingin membangkitkan kembali kesenian Gong Kebyar yang di tanah 'Bumi Panji Sakti'," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, Sabtu (4/7/2015), seperti dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan seka gong itu akan tampil di sepanjang Jalan Ngurah Rai, mereka akan tampil berderet di sepanjang jalan utama di Kota Singaraja itu.

"Seniman akan tampil di Jalan Ngurah Rai sepanjang kurang lebih 300 meter, masing-masing seka gong kami tempatkan pada sebuah panggung khusus, satu panggung panjangnya sampai 15 meter," jelasnya.

Buleleng Festival 2015 selain menggunakan areal sekitar patung Singa juga memanfaatkan Gedung Sasana Budaya dan Puri Kanginan, untuk menampilkan beberapa acara tambahan. Buleleng Festival 2015 mengusung tema "Gurnitaning Denbukit", yang bermakna gemuruh musik di Buleleng.

Nantinya di salah satu festival terbesar di Buleleng ini akan lebih banyak mengeksplorasi kesenian musik yang tumbuh dan berkembang di Buleleng, baik itu musik tradisional maupun musik modern.

Sementara itu, perhelatan "Sanur Village Festival" 2015 yang ke-10 akan segera digelar pada 26-30 Agustus di Maisonette Area, Pantai Segara, Sanur Bali dengan mengangkat tema "Dasa Warsa".

Dalam perhelatan tersebut akan diadakan beragam kegiatan, seperti program lingkungan hidup, festival kuliner, pameran seni rupa dan fotografi, kegiatan olahraga, serta dialog seni dan budaya.

Seperti dikutip dari Antara, ada pula program lingkungan hidup yang akan dilaksanakan, antara lain bersih-bersih pantai, pelepasan tukik, dan penanaman terumbu karang yang melibatkan murid sekolah, pelaku wisata dan LSM setempat.

Selain itu, untuk kegiatan olahraga, pada 23 Agustus akan diadakan acara lari SanurRun dengan tiga kategori, yaitu lari 10 kilometer dan lima kilometer terbuka untuk umum, lari dengan rute sejauh 400 meter untuk anak umur 5-6 tahun, dan lari satu kilometer untuk anak usia 7-9 tahun.

Sementara Sanur Open Golf Tournament akan diadakan selama dua hari pada 29-30 Agustus di Bali Beach Golf Course. Untuk kegiatan festival dan pameran meliputi Sanur Kreatif Ekspo, Agrowisata Expo, Pagelaran musik dan Kesenian, Parade Budaya, dan Bazaar Tanaman Hias.

Sanur Kreatif Expo akan memamerkan hasil seni kerajinan yang menjadi suguhan pendukung pariwisata industri sekaligus menjadi ajang temu kreatif, temu dagang, dan kontak bisnis.

Selain itu, akan diadakan lomba fotografi dengan dua kategori, yakni siswa dan umum. Pameran akan diadakan di Griya Santrian seminggu sebelum hingga seminggu setelah ajang Sanur Village Festival.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com