Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyaksikan Balapan Kapal Paling Ekstrem di Dunia

Kompas.com - 08/07/2015, 10:53 WIB
Wisnubrata

Penulis

GOTHENBURG, KOMPAS.com - Menurut ramalan cuaca, hari Sabtu (27/6/2015) bakal turun hujan di Gothenburg, Swedia. Pagi itu memang sedikit mendung. Namun sebagian besar warga di Gothenburg tetap mengunjungi dermaga kota itu. Mereka tidak ingin ketinggalan menyaksikan lomba kapal layar paling ekstrem sedunia, Volvo Ocean Race.

Volvo Ocean Race disebut balapan paling ekstrem karena pesertanya perlu waktu sembilan bulan untuk sampai garis finish. Mereka harus melalui berbagai lautan paling ekstrem di dunia menggunakan kapal layar sepanjang 20 meter. Peserta juga harus menembus ombak yang bisa mencapai 30 meter tingginya, melintasi badai, nyaris basah sepanjang waktu, melewati malam-malam yang dingin dan sepi, serta tidak berhenti berpacu.

Balapan sendiri dibagi menjadi 9 etape, peserta berangkat dari Alicante, Spanyol, melalui Cape Town di Afrika Selatan, lalu ke Abu Dhabi di Uni Emirat Arab, dilanjutkan ke Sanya, China; Auckland, Selandia Baru; Itajai, Brasil; Newport, AS; Lisbon, Portugal; Lorient, Perancis; baru finish di Gothenburg, Swedia.

“Volvo Ocean Race adalah perlombaan yang sangat panjang dan berat. Anda harus berjuang sampai batas kemampuan manusia siang dan malam tanpa henti,” ujar Knut Frostad, mantan atlet Olimpiade sekaligus peserta lomba dalam pernyataan yang dikutip buletin Ocean Race.

Dalam tulisan lain, Charles Caudrelier, pelaut yang berlomba bersama tim Dongfeng menyampaikan, “Ini adalah lomba olahraga paling lama di Bumi. Begitu Anda memutuskan ikut, sedikitnya Anda harus mengorbankan 18 bulan dari hidup untuk ini, mulai perencanaan hingga lomba selesai.”

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com