Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Terjun Bah Biak, Keindahan Alam Pematang Siantar yang Masih Asri

Kompas.com - 08/07/2015, 12:17 WIB
PEMATANG SIANTAR, KOMPAS.com - Menyusuri wisata di Kecamatan Sidamanik tidak sekadar mendatangi kebun teh. Pasalnya, ada pesona dan pemandangan lain yang berada di tengah kebun teh Bah Butong yaitu Air Terjun Bah Biak di Kecamatan Sidamanik, Simalungun, Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Setelah usai menyusuri pemandangan kebun teh, wisatawan tidak boleh melewatkan pemandangan Air Terjun Bak Biak, yang hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari kebun teh Bah Butong.

Raini S, pengurus di sana mengatakan, setiap hari lokasi tersebut dikunjungi puluhan orang. Khusus Sabtu dan Minggu dan pada hari merah, pengunjung makin ramai. Sejauh ini, pengelolaan masih dilakukan oleh warga sekitar, sehingga belum terlalu terekspos.

“Mungkin karena berada di tengah kebun teh, dan tidak ada akses jalan yang beraspal, wisatawan kesulitan untuk mencapai Air Terjun Bah Biak," katanya.

Menurut Raini, wisatawan bisa berjalan atau mengendarai sepeda motor. Mobil, becak apalagi bus tidak bisa lewat.

Sebab, akses menuju Air Terjun Bah Biak melewati bukit dan gundukan tanah, tidak ada jalan yang diaspal, sehingga wisatawan ekstra hati-hati menaiki sepeda motor.

"Wisatawan direkomendasikan berjalan kaki, selain tidak terlalu jauh, wisatawan bisa menikmati pemandangan sepanjang berjalan," katanya.

Tapi, sesampainya di sana, wisatawan dibuat tidak akan menyesal. Selain airnya sangat jernih, pemandangan sekitarnya juga mengesankan. Air terjun dikelilingi pepohonan dan tanaman kopi hingga teh.

Melihat potensi air terjun tersebut, wisata Sidamanik akan semakin terangkat, dan Kota Pematang Siantar bukan lagi hanya menjadi kota lintasan dari kota Medan ke kota lain untuk wisata, melainkan akan menjadi kota tujuan wisata.

TRIBUN MEDAN/SILFA HUMAIRAH Akses menuju Air Terjun Bah Biak di Pematang Siantar, Sumatera Utara, ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.
Nova, pengunjung, menuturkan kegiatan wisata di Air Terjun Bah Biak memiliki kelebihan berada di tengah kebun teh, sehingga menambah pemandangan indah sekitar air terjun.

"Akses menuju Air Terjun Bah Biak juga penuh tantangan. Kita melewati bukit Kebun Teh yang memiliki kelicinan tanah yang cukup ekstrim jika sehabis hujan. Melewati semak-semak tanaman dan harus teliti arah belokan. Karena jalan ke Air Terjun hanya ditandai dengan garis merah," katanya.

Menurutnya, wisatawan yang tertarik berkunjung ke Air Terjun Bah Biak direkomendasikan untuk membawa air minum banyak agar tidak dehidrasi.

"Dan jangan banyak membawa bawaan banyak, karena untuk mencapai air terjun ada turunan yang cukup panjang. Satu lagi, jangan lupa bawa pakaian ganti karena di sini tidak ada jualan baju atau celana seperti tempat wisata pemandian lain," katanya. (Silfa Humairah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com