Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Ancol Antisipasi Kemacetan di Libur Lebaran

Kompas.com - 12/07/2015, 10:25 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyambut libur lebaran, Taman Impian Jaya Ancol melakukan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung yang diprediksi akan memenuhi kawasan. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah membuat rekayasa lalu lintas untuk kendaraan di dalam kawasan Ancol.

“Di kawasan Beach Pool sebelah utara Ancol itu hanya khusus bus. Kita sediakan 10 bus untuk trasnportasi wara-wiri pengunjung dari Marina,” kata General Manager Departemen Taman Impian, Yosef Nugroho saat jumpa pers di Seaworld Ancol, Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Dengan pengaturan lalu lintas demikian, lanjut Yosef, mobil-mobil hanya dapat digunakan di sisi timur dan selatan Taman Impian Jaya Ancol. Untuk mengantisipasi jumlah kendaraan yang digunakan pengunjung, pihak Ancol juga menggunakan sistem central parking sebagai solusi kemacetan.

“Untuk sementara mobil hanya bisa melewati timur dan selatan Ancol. Kita gunakan sistem central parking. Ada dua di dekat gondola,” katanya.

Selain solusi parkir kendaraan, pihak Ancol juga mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat antrian pengunjung masuk ke dalam kawasan. Yosef mengatakan akan memaksimalkan semua pintu gerbang Taman Impian Jaya Ancol untuk kelancaran lalu lintas.

“Semua pintu gerbang (Barat, Marina, Busway, Timur, Selatan, dan Carnaval) dibuka demi kelancaran pengunjung,” lanjutnya.

Langkah antisipasi yang dilakukan Taman Impian Jaya Ancol juga bekerja sama dengan aparat terkait. Yosef menjelaskan telah bekerja sama dengan polisi sektor dan resor yang terdekat untuk menjaga keamanan dan kelancaran selama libur Lebaran ini.

Pada libur Lebaran tahun 2014, menurut data yang dihimpun pihak Taman Impian Jaya Ancol adalah pengunjung yang datang mencapai 800.000 orang. Pada libur Lebaran tahun ini diharapkan pengunjung mencapai satu juta orang yang datang ke Taman Impian Jaya Ancol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com