Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nila Tanzil: Vegetarian Tak Menghalangi Niat untuk Melancong

Kompas.com - 13/07/2015, 17:38 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Memiliki pola makan vegetarian tak menjadi halangan ketika berwisata. Hal itu yang diakui oleh wanita yang telah mengunjungi 28 negara di dunia untuk berwisata, Nila Tanzil.

"Kalau berwisata ke suatu tempat sih aku gak merasa takut atau ragu tentang kuliner vegetarian. Kalaupun agak susah (dapat kuliner vegetarian), aku pasti tetap dapat," kata Nila Tanzil kepada KompasTravel seusai acara The Beauty of Spontaneous Travel pada minggu lalu di Jakarta.

Wanita yang telah menjadi seorang vegan sejak lahir ini mengatakan bahwa kesulitan untuk mendapatkan kuliner vegetarian jarang terjadi terhadap dirinya. Nila berpikir bahwa tidak mungkin masyarakat di suatu negara tidak memakan sayur-sayuran. Ia pun memiliki tempat favorit untuk menikmati kuliner vegetarian ketika berwisata.

"Kalau aku senangnya pergi ke kuil-kuil Buddha karena mayoritas mereka kan vegetarian dan juga suka ada restoran vegetarian di kawasan kuil itu. Itu enak banget. Seperti di Thailand," ujarnya.

Ia menceritakan bahwa destinasi wisata yang tersulit untuk mendapatkan kuliner vegetarian adalah di Taiwan. Menurut dia, mayoritas kuliner di sana menggunakan babi sehingga ia tidak dapat memakannya.

"Nah kalau sudah begitu (gak ketemu sayur-sayuran), makan camilan saja. Cari ke supermarket untuk cari makanan," ujarnya.

Ia membagikan pengalamannya ketika berwisata di Afrika dan tidak menemukan sayur-sayuran untuk dimakan. Kemudian, Nila pergi ke supermarket untuk mencari makanan berupa mi instan. Ketika di supermarket, ia malah mendapatkan mi instan dari Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com