Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Macet, Wisatawan Diimbau Lewat Jalur Alternatif Menuju Ragunan

Kompas.com - 17/07/2015, 16:43 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengelola Kebun Binatang Ragunan mengimbau pengunjung untuk melewati jalur alternatif untuk masuk ke dalam kawasan Ragunan. Hal tersebut diharapkan untuk mengantipasi kepadatan kendaraan pengunjung yang datang pada saat libur Lebaran.

“Kami mengimbau calon pengunjung Ragunan agar memperhatikan akses masuk agar tidak terjebak kemacetan. Saran kami bagi pengunjung yang datang dari Lenteng, Depok, Ciganjur masuk lewat pintu selatan karena tidak terlalu ramai,” kata Koordinator Humas Wahyudi Bambang saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Kamis (16/7/2015).

Wahyudi menuturkan wisatawan dapat memasuki Kebun Binatang Ragunan melewati empat pintu masuk. Selain pintu masuk di sisi utara, wisatawan dapat menuju pintu di sisi utara, selatan, timur, dan barat yang terletak di dekat Jagakarsa. “Kalau terjadi stagnan (kemacetan), biasanya polisi menutup jalan suaka margasatwa dan dialihkan pintu barat,” katanya.

Wahyudi mengatakan setiap libur Lebaran, pengunjung biasa datang melalui pintu utara yaitu dari arah Pejaten kemudian memasuki jalan Margasatwa. Hal tersebut, lanjut Wahyudi menyebabkan kemacetan yang panjang.

Wahyudi berharap dengan pengalihan jalan tersebut dapat memperlancar arus lalu lintas untuk masuk ke dalam kawasan Kebun Binatang Ragunan.

Menurut data dari pengelola, pada libur Lebaran tahun 2014, sebanyak 830.000 wisatawan datang ke Kebun Binatang Ragunan. Untuk tahun ini, Wahyudi belum dapat memperkirakan jumlah pengunjung yang akan datang ke Ragunan.

“Tahun ini mungkin karena libur pendek, 7 hari kelihatannya karena ada cuti bersama, sekarang tidak berbicara target. Kita berikan pelayanan terbaik saja,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com