Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Tertarik Berfoto bersama Ikan Hiu di Karimun Jawa

Kompas.com - 20/07/2015, 08:24 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JEPARA, KOMPAS.com — Obyek wisata penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan Besar, Karimun Jawa, menarik minat para wisatawan untuk mengabadikan gambar dengan kamera. Obyek wisata ini merupakan salah satu andalan pariwisata di Karimun Jawa, Jawa Tengah.

"Ini pengalaman pertama saya yang mengagumkan. Sempat ragu karena secara umum kalau mengenal hiu adalah ikan yang berbahaya. Setelah dicoba, bisa aman dan menyenangkan," kata salah satu wisatawan dari Jakarta, Benny Sinaga, kepada KompasTravel saat ditemui seusai berfoto, Sabtu (18/7/2015).

Datang bersama dua orang lainnya, Benny mengatakan, obyek wisata penangkaran hiu adalah tempat yang menyenangkan. Ia beralasan, hiu di sini dapat berinteraksi dengan manusia. "Ya, biasanya kan kalau ketemu hiu biasanya di laut atau di Seaworld, tapi ini kan bisa langsung," katanya.

Pantauan KompasTravel, para wisatawan yang tergabung di program "Let's Go Karimun Jawa" yang diadakan PT Pelni langsung mendekati kolam penangkaran hiu begitu tiba di Pulau Menjangan Besar.

Mereka satu per satu terlihat langsung dan mencoba turun ke kolam untuk berfoto bersama hiu. Terdapat tiga kolam penangkaran yang terhubung dan berisi hiu sirip putih (Carcharodon carsharias) dan hiu sirip putih (Carcharinus melanopterus).

Hal serupa dengan Benny juga diungkapkan oleh wisatawan asal Surabaya, Margie Soebinjantoro (36). Menurut Margie, atraksi wisata penangkaran hiu menarik untuk dinikmati. Namun, ia hanya berfoto tanpa mencoba berenang bersama anak hiu.

Sementara Agus Hermawan, pengelola rumah apung dan penangkaran hiu, mengakui bahwa ikan yang dianggap menyeramkan tersebut merupakan daya tarik wisatawan untuk datang dan berfoto. Wisatawan, lanjut Agus, datang dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Yang sering wisatawan dari Eropa, terutama Perancis. Ada juga sih dari Tiongkok. Itu sih kalau dari wisatawan mancanegaranya," tambah Agus saat ditemui KompasTravel di tempat penangkaran hiu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com