Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wedang Kacang, Minuman Hangat Plus Gurih Khas Magelang

Kompas.com - 21/07/2015, 09:19 WIB
MAGELANG, KOMPAS.com - Sebuah warung sederhana yang terletak di Jalan Pajang, Desa Semplon, Kelurahan Kemirirejo, Kota Magelang, setiap sore hingga malam selalu disesaki pengunjung.

Warung yang berukuran cukup kecil dan berada di samping saluran air tersebut, menjajakan sebuah menu spesial yang selalu diburu oleh masyarakat Magelang, yakni Wedang Kacang.

Sesuai dengan namanya, minuman hangat ini memang menggunakan kacang sebagai bahan utamanya. Kartiyah, pegawai dari warung wedang kacang tersebut mengatakan, kacang di minuman tersebut harus direbus bersama dengan gula jawa dan gula pasir.

Waktu merebusnya pun cukup lama, hingga kacang terasa empuk. Waktu merebus yang lama tersebut juga menghasilkan kuah yang gurih dan berwarna agak cokelat kemerahan. Wedang kacang ini disajikan dalam mangkuk bersama dengan ketan.

TRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI Warung Wedang Kacang Kebon di Jalan Pajang, Desa Semplon, Kelurahan Kemirirejo, Kota Magelang, Jawa Tengah.
Wedang kacang memiliki cita rasa manis gurih yang khas. Cita rasa tersebut yang membuatnya selalu diburu oleh pelanggannya. Menikmati satu porsi wedang kacang akan membuat perut anda merasa kenyang.

Masyarakat menyebut warung wedang tersebut dengan sebutan Warung Wedang Kacang Kebon, karena sebelumnya nama jalan Pajang yang ada di depan warung tersebut adalah jalan Kebon.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com