Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Pelesir ke Pantai, Simak Tips Ini...

Kompas.com - 21/07/2015, 14:08 WIB
KOMPAS.com - Di musim liburan, pelesir ke pantai menjadi favorit sebagian besar  pelancong. Namun, sebelum asyik bersantai di pantai, perhatikan tips berikut ini.

Oleskan SPF

Ketika Anda berada di luar ruangan, khususnya di dalam air, gunakanlah tabir surya berspektrum luas. Mau tahu berapa banyak seharusnya tabir surya yang Anda gunakan? Setidaknya 1 ons (100 gram) atau sekitar satu gelas. Itu semua diaplikasikan ke seluruh tubuh, termasuk kaki, hidung, telinga, dan bibir.

Gunakanlah 30 menit sebelum Anda beraktivitas di dalam air. Setelahnya, ulangi pengaplikasian setiap 2 jam sekali. Semakin tinggi SPF pada tabir surya, semakin baik kulit Anda terlindungi dari UVA dan UVB. Ulangi setiap dua jam.

Penutup tambahan

Anda tentu tidak mau terlihat asing di kolam renang atau pantai dengan menggunakan pakaian serba tertutup, bukan? Untuk melindungi tubuh Anda dari sengatan sinar matahari langsung, khususnya di antara jam 10.00-16.00, cobalah mencari perlindungan lain dari payung pantai, topi bertepi lebar, kacamata hitam, atau cukup menggunakan pakaian yang nyaman.

Banyak minum

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 11-15 gelas air atau cairan lainnya setiap hari untuk tetap terhidrasi. Jumlah ini harus bertambah jika Anda aktif secara fisik atau terkena panas.

Jangan minum alkohol

Alkohol dan berenang bukanlah paduan yang baik. Alkohol dapat merusak konsentrasi dan mendorong perilaku berbahaya. Alkohol juga mempercepat proses dehidrasi. Selain itu, tubuh jadi mudah berkeringat, muntah, dan diare.

Siapkan P3K

Jangan sampai kecelakaan kecil mengganggu aktivitas Anda. Kalaupun ada, segera atasi dengan kotak P3K. Yang harus ada di dalam kotak itu ialah obat atau gel penghilang rasa sakit, salep antibiotok, kain kasa, alkohol, krim antigatal, pinset, dan lain sebagainya.

Obat pribadi

Orang dengan masalah kesehatan tertentu harus berhati-hati ketika bepergian. Jangan lupa membawa obat-obatan yang diperlukan. Beberapa obat dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari atau terpengaruh oleh suhu tinggi. Jadi, minta konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penjelasan mengenai hal ini. Periksa juga akses perawatan kesehatan lokal di tempat yang ingin Anda kunjungi.

Camilan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com