Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roti Durian Panglima, Oleh-oleh Khas Samarinda

Kompas.com - 24/07/2015, 09:10 WIB
SAMARINDA, KOMPAS.com - Roti merupakan makanan yang disantap untuk sarapan atau camilan. Di Samarinda, Kalimantan Timur, Roti Durian Panglima menjadi khas oleh-oleh "Kota Tepian", julukan Kota Samarinda.

Rasanya legit dan teksturnya lembut ditambah rasa khas durian.

Kalau Anda berkunjung ke Samarinda, selain amplang, kini ada oleh-oleh khas roti asal Samarinda. Nugrohadi Yuwono, Mulyadi dan Ferry Gunawan, menciptakan produk roti halal dan terjangkau, sebagai produk makanan khas Samarinda.

Roti Durian Panglima berbentuk bantal berjejer delapan potong, ditengahnya berisikan seperti selai durian. Wangi Roti Durian Panglima, harum dan khas. Aromanya menggugah selera mencicipi roti yang terbuat dari bahan tepung terigu soft wheat.

Roti Durian Panglima merupakan produk perdana warga Samarinda, dijual dengan banderol Rp 25.000 per porsi. Varian Roti Durian Panglima, isi original durian dan isi durian diberi topping atau ditaburi keju.

Nugrohadi Yuwono mengatakan, Roti Durian Panglima, menggunakan bahan tepung terigu, gula, telur, susu dan mentega ditambah susu bubuk berkualitas. "Selai dari daging durian asli dan berkualitas yang sudah masak. Tanpa bahan pengawet berbahaya. Daya tahannya 24 jam. Kalau dimasukkan ke dalam kulkas bisa sampai tiga hari," tutur Nugrohadi, Minggu (12/7/2015).

Roti Durian Panglima, mulai diluncurkan resmi bulan Juli 2013. Hanya saja, tiga owner-nya memulai usahanya sejak Bulan Februari 2011 silam. Tidak hanya Roti Durian yang dipasarkan, Beberapa menu roti jenis kue sus dan bolu, juga tersedia. Varian bolu yang dijual isi keju dan cokelat.

"Saya tidak belajar roti. Kebetulan rekan usaha saya, yaitu pak Ferry sudah ahli membuat roti. Beliau pernah menjadi chef di hotel bintang lima dan menjadi instruktur bakery di Bogasari Baking Center," ungkapnya.

Sejak dijual secara terbuka pada 2013 silam, Roti Durian Panglima di Samarinda lagi booming. Warga yang ingin mencoba, harus mengantre. Warga tertarik lantaran harganya sangat terjangkau.

Untuk oleh-oleh, Anda bisa mengunjungi toko cabang dan outlet pusat. Outlet center di Samarinda, di Jalan Elang No.36, Kelurahan Temindung, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda, Provinsi Kaltim. Lokasinya mudah dijangkau dari dari Bandara perinting Temindung di Jalan Gatot Subroto. Hanya berjarak sekitar 500 meter dari bandara. (Budhi Hartono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com