Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiknya Wisata Bahari Bareng PT Pelni...

Kompas.com - 25/07/2015, 09:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JEPARA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara kepulauan. Dari barat hingga timur berjajar pulau-pulau yang masing-masing siap menawarkan keindahan alam. Hadir dengan wisata bahari di wilayah perairan Indonesia, PT Pelni mengajak wisatawan untuk berkeliling Karimun Jawa dengan kapal.

Dengan menawarkan sensasi layaknya wisata pesiar, PT Pelni mengajak wisatawan untuk mencoba menginap di atas kapal yang berkapasitas lebih dari 1.000 penumpang ini. Tempat istirahat terbagi menjadi tiga kelas yaitu kelas ekonomi, kelas dua, dan kelas satu.

"Untuk kelas satu, KM Binaiya memiliki 14 kasur, sementara untuk kelas dua sebanyak 40 kasur. Ekonomi 916 orang," ujar Humas PT Pelni Ahmad Sujadi kepada wartawan.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Suasana dek kelas ekonomi di KM Binaiya milik PT Pelni, Sabtu (19/7/2015). Wisatawan dapat menggunakan fasilitas terminal listrik untuk mengisi daya baterai gawai yang dibawa.
Dengan konsep wisata bahari selama 3 hari 2 malam, PT Pelni menyediakan tempat tidur beserta perlengkapan yang dibutuhkan wisatawan. Di dalam kapal, terdapat ruang makan, kamar mandi dengan pilihan air hangat dan dingin, toko, dan juga terminal listrik di setiap tempat tidur.

KompasTravel mengikuti perjalanan wisata bahari yang bertajuk "Let's Go Karimun Jawa" yang dimulai dari 18-20 Juli 2015. Dari pantauan, di satu lantai dek kelas ekonomi berjumlah sebanyak 54 tempat tidur. Di satu sisi lantai dek yang sama, terdapat tiga bilik toilet dan dua bilik kamar mandi.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Para wisatawan menikmati makan malam di atas KM Binaiya milik PT Pelni, Sabtu (18/7/2015).
Salah satu wisatawan dari Yogyakarta yang ikut program "Let's Go Karimun Jawa", Ratna Indah Winarti (51) kepada KompasTravel di Pelabuhan Tanjung Mas, Jawa Tengah, Sabtu (18/7/2015) mengatakan tertarik ikut karena ingin mencoba snorkeling. Ketika naik, ia sempat kaget dengan cara tidur massal di dek. Menurutnya itu adalah pengalaman yang baru baginya.

Persiapan adalah kunci keberhasilan dalam menjalankan satu kegiatan. Hal itu dirasakan sebagian besar wisatawan yang ikut dalam paket wisata bahari. Para wisatawan terkesan dengan pelayanan anak buah kapal yang selalu bersiaga di sudut-sudut kapal jika kelak dibutuhkan.

"Masnya, di sini terus? Kok berdiri aja?" celoteh salah satu penumpang.

Sang anak buah kapal pun menjawab pertanyaan tersebut. "Iya bu, kita stand by di tiap sudut. Dekat toilet, dek, dan lokasi lain," jawabnya.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Para pegawai restoran KM Binaiya milik PT Pelni sedang bersiaga untuk melayani para wisatawan program bahari
Ketika waktu makan tiba, informasi akan diumumkan lewat pengeras suara. Selain itu, informasi-informasi seperti titik-titik melihat matahari terbit dan terbenam pun hadir. PT Pelni berusaha menjaga alur komunikasi antara panitia dan wisatawan tetap berjalan dengan baik lewat pengeras suara tersebut.

Bosan di dalam dek, KompasTravel mencoba untuk menikmati suasana matahari tenggelam. Semburat jingga mulai mewarnai langit. Beberapa wisatawan juga turut berada di luar. Angin semilir membelai rambut hingga kadang membuat tak beraturan.

Senja pun datang berganti malam di atas kapal buatan Jerman ini. Tiap makan malam, organ tunggal selalu mengiringi di ruang makan. Satu persatu makanan mulai masuk. Setelah selesai, sang penyanyi kerap mengajak para wisatawan untuk bernyanyi dan bergoyang mengisi waktu di malam hari.

KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo Para wisatawan menunggu kapal kecil untuk menjemput dan mengantar dari KM Binaiya milik PT Pelni, Sabtu (18/7/2015).
Selesai program wisata bahari di Perairan Karimun Jawa, menurut Sujadi, PT Pelni akan kembali mengembangkan destinasi-destinasi wisata air lainnya. Beberapa destinasi lain seperti Raja Ampat, Anambas, Wakatobi, Derawan, Labuan Bajo, Togean, dan Bandaneira. PT Pelni optimis dapat menjadi penyambung transportasi menuju daerah-daerah wisata nan indah namun tersembunyi.

"Let's Go Karimun Jawa" adalah paket wisata bahari pertama yang dilakukan oleh PT Pelni untuk para wisatawan. Paket wisata ini menawarkan atraksi wisata seperti snorkeling, bersepeda di Karimun Jawa, menikmati matahari terbenam, dan juga melihat penangkaran hiu di Pulau Menjangan Besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com