Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Sensasi Berenang Bersama Hiu Paus dari Kaltim

Kompas.com - 28/07/2015, 10:50 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

TALISAYAN, KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan rasanya berenang bersama hiu paus? Jika Anda tertarik menantang diri dan ingin merasakan pengalaman berenang bersama hiu paus, Anda bisa berenang di perairan Talisayan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim).

Siapa pun dapat merasakan sensasi berenang dan berinteraksi bersama hiu paus. Jika beruntung, si hiu bahkan dengan rela bergandeng mesra dan berenang bersama. Hiu paus memang dikenal sebagai ikan besar yang tidak galak. Dia juga bukan berasal dari ras pemangsa. Sehingga, jika saat menyelam dan bertemu dengannya, jangan takut. Dia dengan ramah menghampiri manusia dan menantang untuk berenang bersama.

Salah satu komunitas pejalan dan penyelam Samarinda, Kadagaul, berkesempatan berenang dan berfoto bersama hiu paus di Talisayan. Di kedalaman air 5 meter, ikan cantik bermotif tutul itu sedang asyik bermain di bawah bagang. Ketika sekumpulan pejalan itu menyelam tanpa menggunakan scuba, hiu paus pun tertarik untuk berenang bersama.

“Kami memang datang ke Talisayan untuk bertemu dengannya (hiu paus). Dengan menghitung bulan dan bertanya pada nelayan sekitar, akhirnya kami bisa bertemu dengannya. Sangat mengagumkan, dia yang datang menghampiri kami, dan kami tidak perlu repot-repot mengejarnya. Dia sangat besar...,” kata Suhendra, salah satu anggota komunitas Kadagaul.

KOMPAS.COM/GUSTI NARA Hiu paus di Talisayang, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini sangat ramah dan suka diajak selfie bersama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com