Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pilihan Gunung untuk Rayakan HUT RI

Kompas.com - 12/08/2015, 15:05 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berencana liburan ke luar kota pada tanggal 15-17 Agustus 2015 tetapi belum tahu ke mana? Mendaki gunung dapat menjadi pilihan untuk menikmati waktu liburan bersama rekan-rekan perjalanan di alam bebas.

KompasTravel merekomendasikan tiga gunung ini yang dapat didaki oleh wisatawan di akhir pekan panjang ini yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70. Biasanya, setiap hari kemerdekaan, terdapat pula acara perayaan pengibaran bendera merah putih.

Gunung Merbabu

Memiliki dua padang savana yang dapat dijadikan tempat berkemah, Gunung Merbabu dapat masuk ke dalam pilihan gunung yang didaki. Gunung Merbabu dapat didaki melalui empat jalur yaitu Selo, Thekelan, Cunthel, dan Wekas. Gunung yang berketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini memiliki tiga puncak yang bernama Puncak Syarif, Triangulasi, dan Merbabu.

KOMPAS.com | NAZAR NURDIN Pendaki mengibarkan bendera Indonesia di atas puncak Gunung Prau di saat hari kemerdekaan Indonesia.
Gunung Prau

Keunikan gunung yang terletak di Dataran Tinggi Dieng ini adalah memiliki medan yang berbukit-bukit di dekat area puncak. Para pendaki kerap menyebut dengan Bukit Teletubbies. Gunung yang berketinggian 2.565 mdpl ini dapat menjadi pilihan tempat untuk mendaki karena jalur pendakian tidak terlalu ekstrim. Dari area puncak, dapat terlihat jajaran gunung-gunung seperti Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Slamet. Gunung Prau dapat didaki melalui jalur Patak Banteng dan Dieng dan dimulai dari ketinggian 1.700 mdpl.

Gunung Lawu

Terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.265 mdpl. Jika ingin mendaki Gunung Lawu, pendaki dapat melalui jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Gunung Lawu memiliki puncak yang bernama Hargo Dumilah. Dari puncak, pendaki dapat melihat pemandangan Gunug Wilis, Semeru, Arjuno, Merapi, dan Merbabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com