Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Topeng Indonesia di Malaysia Dapat Pengaruhi Kunjungan Wisman

Kompas.com - 16/08/2015, 13:34 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Indonesia menjadi salah satu peserta yang ikut meramaikan gelaran Malaysia Internasional Mask Festival 2015 di Esplanade, Kuala Lumpur City Centre (KLCC) Park, Malaysia. Penampilan dan pameran topeng Indonesia diwakili oleh Sanggar Citra Budaya dari Bogor, Jawa Barat. Penampilan tersebut juga diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Sanggar Citra Budaya dipilih oleh sebuah organisasi bernama Council International Organization Folklore and Festival (CIOFF) Indonesia. Tentu, penampilan ini juga memiliki misi tersendiri bagi Indonesia.

"Kita punya misi memperkenalkan budaya Indonesia ke luar negeri. Selain itu, kita berusaha membuka jaringan dengan komunitas-komunitas seni lainnya," kata perwakilan Council International Organization Folkflore an Festival (CIOFF) Indonesia, Amar Aprizal kepada KompasTravel sebelum acara pembukaan Malaysia International Mask Festival 2015 di Esplanade, KLCC Park, Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (13/8/2015) malam.

Ia mengatakan dengan penampilan tari dan pameran topeng di Malaysia ini, para wisatawan dari luar negeri dapat berkunjung ke Indonesia. Dengan demikian, lanjut Amar, Indonesia mendapat dua keuntungan dari keikutsertaan festival topeng ini. "Saya berharap pertunjukan topeng dapat membuat senang penonton di sini (Malaysia) jadi bisa datang ke Indonesia. Promosi budaya dan kunjungan wisatawan," ujar Amar.

Sanggar Citra Budaya menampilkan lima tarian pada Malaysian International Mask Festival 2015. Koreografer Sanggar Citra Budaya, Neni Suryani menyebutkan lima tarian tersebut adalah Tari Galudtrung , Galudra, Topeng Kelana Ringkang Kahayang, dan Roggeng Patingtung. "Setiap penampilan lima menit. Dari mulai kostum kita bikin sendiri sampai topengnya," tutup Neni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com