Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Lembah Baliem yang Mendunia

Kompas.com - 21/08/2015, 10:16 WIB
FESTIVAL Lembah Baliem adalah festival budaya yang sudah diadakan lebih dari 25 kali. Festival ini sejak dahulu kala sangat terkenal sehingga turis mancanegara rela berbondong bondong datang ke Papua khusus untuk acara ini saja.

Bagi kita, Festival Lembah Baliem mungkin terdengar asing. Ya wajar sih, karena untuk ke sini saja butuh perjuangan dalam perjalanan yang cukup panjang dan mahal juga tentunya. Tetapi walaupun kita jarang mendengar Festival Lembah Baliem Wamena tetapi turis asing sangat ingin ke sini. Di kalangan turis mancanegara, festival ini sudah terkenal sejak puluhan tahun lalu.

Festival Lembah Baliem Papua adalah destinasi impian fotografer, begitupun juga saya. Sejak 3 tahun lalu saya sudah lama memimpikan untuk mengunjungi Festival Lembah Baliem di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

BARRY KUSUMA Festival Lembah Baliem di Kabupaten Wamena, Papua, berlangsung 6-8 Agustus 2015.
Akhirnya impian itu terwujud pada tahun 2015 ini. Kenapa sih orang begitu tertarik untuk ke Wamena? Karena Lembah Baliem di Wamena terletak di daerah terpencil dan sulit untuk didatangi. Begitu pula dengan kebiasaan Suku Dani yang “maaf” mereka sangat komersial. Suku ini dikenal di kalangan wisatawan dan fotografer jika kita ingin mengambil foto harus membayar sejumlah uang kepada mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com