Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuma 15 Menit, Jazz Ijen Banyuwangi Kumpulkan Rp 350 Juta

Kompas.com - 23/08/2015, 16:44 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Festival Jazz yang digelar di lereng Gunung Ijen pada Sabtu (22/8/2015), berhasil mengumpulkan dana kemanusiaan sebesar Rp 350 juta. Dana tersebut dikumpulkan secara spontanitas dari para pengunjung acara tersebut dalam waktu sekitar 15 menit.

"Dana sosial tersebut nantinya akan digunakan untuk beasiswa anak-anak di sekitar kawasan Ijen serta untuk jaminan kesehatan para penambang belerang," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada KompasTravel.

Pergelaran Jazz Ijen kali kedua yang digelar Pemerintah Kabupaten Banyuwangi diadakan di kawasan perkebunan Lidjen di lereng Gunung Ijen. Pada acara yang masuk dalam agenda Banyuwangi Festival 2015 ini menghadirkan Andre Hehanusa yang membawakan 9 lagu andalannya antara lain Bidadari, Kuta Bali, Ku Tahu Engkau Begitu dan sebuah lagu baru All About Love.

Tidak hanya Andre, Jazz Ijen tersebut juga menghadirkan band Kerispatih yang dikenal dengan lagu romantis seperti Bila Rasaku Ini Rasamu, Maafkan Kali Ini Aku Harus Jujur semakin memberikan nuansa romantis.

Bupati Anas mengatakan pergelaran Jazz Ijen ini merupakan salah satu agenda promosi wisata dalam bentuk event tourism yang masuk dalam agenda Banyuwangi Festival. Acara ini juga mengawali rangkaian jazz yang akan digelar selanjutnya yakni Jazz Pantai di Pantai Boom Banyuwangi pada 12 September 2015.

"Kami konsisten untuk memasukkan pergelaran jazz ke dalam agenda tahunan sebagai salah satu identitas musik yang ada dan hidup di Banyuwangi selain musik daerah yang juga terus kita dorong eksistensinya," kata Anas.

Selain itu, seniman lokal Banyuwangi Lalare Orkestra membawakan lagu daerah medley Lir Ilir dan Wulan Andung Andung serta Jazz Sholawat yang dibawakan secara apik oleh seniman-seniman Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com