Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuh Tantangan Tarik Wisatawan ke Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko

Kompas.com - 24/08/2015, 15:38 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pencapaian target jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko menghadapi kendala. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, Lailly Prihatiningtyas, Minggu (23/8/2015).

"Tahun 2014 total pengunjung 3,2 juta wisatawan. Satu semester ini, wisatawan mancanegara (wisman) baru datang 8 persen dari target," kata Laily di Candi Ratu Boko, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (23/8/20015).

Ia mengatakan hingga pertengahan tahun 2015, sekitar 240 ribu wisman mengunjungi Taman Wisata Borobudur. Lailly mengakui peningkatan jumlah kunjungan wisman ke kawasan candi yang ia kelola, masih penuh tantangan.

"Untuk paket-paket wisata, kita hanya mengoodinasikan. Sebenarnya ada paket-paket wisata candi lain," katanya.

Padahal, menurut Lailly, pihaknya ditargetkan untuk mendatangkan jumlah kunjungan 3,6 juta wisatawan ke Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

"Kita juga masih terkendala infrastruktur. Misalnya di Ratu Boko," ungkapnya.

Lailly menjelaskan lokasi Candi Ratu Boko sulit dijangkau oleh bus-bus besar karena jalan yang kecil. Ia menambahkan Candi Ratu Boko memiliki kontur area yang berada di bukit sehingga bus-bus tidak dapat mencapai lokasi parkir.

Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko adalah kompleks obyek wisata yang dapat dikunjungi wisatawan. Setiap candi menawarkan atraksi wisata seperti kunjungan ke arca, seni drama tari, dan menikmati matahari terbit atau tenggelam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com