Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berfoto di Atas Pohon Kalibiru, Bersiap Antre Dua Jam

Kompas.com - 24/08/2015, 17:31 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Di akhir pekan, obyek wisata alam Kalibiru di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo ramai dikunjungi para wisatawan untuk berfoto. Para wisatawan berfoto di salah satu titik yang dengan latar belakang Waduk Sermo.

"Ke Kalibiru sengaja mau foto. Penasaran sama Kalibiru setelah dikasih tahu teman," kata salah satu wisatawan asal Bogor, Ratih kepada KompasTravel saat ditemui di obyek wisata Kalibiru, Kulon Progo, Yogyakarta, Sabtu (22/8/2015).

Ratih mengatakan ia datang sejak pukul 09.00 WIB dan mulai mengantri untuk berfoto di atas pohon. Ia mengatakan untuk dapat berfoto di atas pohon, ia harus mengantre selama dua jam.

"Nah di rumah pohonnya, setiap orang dikasih waktu tiga sampai lima menit," katanya. 

Ketua Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan Mandiri di Dukuh Kalibiru, Parjan mengatakan para wisatawan yang datang untuk berfoto setiap hari mencapai 600 orang. Ia menambahkan jika para wisatawan datang ke Kalibiru hanya untuk berfoto di titik-titik obyek wisata Kalibiru dengan latar belakang Waduk Sermo.

"Kita punya tiga spot foto. Nah yang paling ramai ini di spot 1," ujarnya.

Terkait dengan jumlah wisatawan yang banyak, ia membatasi jumlah wisatawan yang ingin berfoto. Ia mengatakan hanya 150 orang yang dapat berfoto di atas pohon. Pantauan KompasTravel, para wisatawan berfoto dengan berbagai gaya seperti sambil membaca majalah, duduk menghadap Waduk Sermo, mengacungkan jari ke arah waduk, dan berbagai gaya.

Para wisatawan yang naik didampingi oleh pemandu dan juga menggunakan alat-alat pengaman seperti harness, tali penghubung, carbinner, dan tali kermantel. Kalibiru merupakan salah satu obyek wisata alam di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata alam Kalibiru berada di area perbukitan titik tertinggi di 450 meter di atas permukaan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com