Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajanan Sosis Berbalut Mi Kering Ini Populer di Lampung

Kompas.com - 25/08/2015, 09:03 WIB

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Sosis Gulung Juragan. Itulah merek dari penganan ringan yang meledak di kalangan masyarakat Bandar Lampung, khususnya di kalangan anak muda. Makanan ini adalah jajanan ringan yang dibuat dari paduan antara sosis dan mi.

Bagi sebagian masyarakat tentu sudah tidak asing mengonsumsi sosis. Namun bagaimana dengan sosis gulung. Yah sosis gulung adalah varian kuliner yang dibuat dari bahan dasar sosis.

sosis gulung
Sosis gulung yang siap disantap.  (Tribun Lampung/Heru Prasetyo)

Jajanan ringan berupa sosis goreng yang diselimuti oleh mi ini dirintis dan dikembangkan Erinda Putri Andaryani. Disambangi Tribun Lampung di Raju Restoran Mall Kartini, perempuan berhijab ini mengakui usaha yang ia kelola tak lepas dari hobinya mengonsumsi sosis.

Bagi Erin sosis amat istimewa dibanding jajanan lain, sosis menurutnya merupakan panganan sehat lagi mengenyangkan. Sebagai daya pikat, dalam proses pembuatannya, sosis kemudian digulung secara erat oleh mi telur yang telah direbus.

Jadilah jajanan sosis gulung. Di Bandar Lampung, sosis gulung yang pertama kali dikenal masyarakat adalah brand Sosis Gulung Juragan. Itu lah mengapa sejak 2010 putri kedua dari empat saudara ini mulai berkreasi untuk mengembangkan usaha berbahan dasar sosis.

"Waktu itu mikirnya, aku kan hobi makan sosis. Kenapa enggak buat sesuatu dari sosis ini untuk usaha," ungkapnya.

sosis
Salah satu kios Sosis Gulung Juragan.  (Tribun Lampung)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com