Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksplorasi Wisata Jember Lewat Lensa

Kompas.com - 31/08/2015, 16:06 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Foto menjadi salah satu sarana yang bagus untuk promosi. Hal ini yang mengilhami Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember dalam membuat Lomba Foto Piala Bupati 2015. Tahun ini adalah kali keempat lomba ini diadakan.
 
Endy, Koordinator Lomba menjelaskan tahun ini, sama seperti tahun 2014, peserta diwajibkan mengirimkan dua tema foto: budaya dan bentang alam. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan tema foto. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya, foto yang masuk didominasi oleh tema budaya.
 
Proses pengumpulan foto akan berlangsung dari tanggal 3 Agustus - 7 September, beririsan dengan acara Jember Fashion Carnaval (JFC).
 
"Jadi wisatawan yang datang tidak cuma nonton carnaval saja, tapi bisa sambil foto dan ikut lomba," papar Endy saat dihubungi KompasTravel melalui telepon, Jumat (28/8/2015).
 
Endy sendiri mengaku pihaknya sengaja memilih tanggal yang beririsan dengan JFC agar  wisatawan mengeksplorasi Jember. Menurutnya selama ini Jember hanya dikenal melalui JFC saja, padahal ada banyak potensi wisata yang dimiliki Jember.
 
Salah satu tempat wisata menarik Jember adalah Pantai Papuma. Di pantai ini terdapat Karang Sithinggil. Pengunjung dapat berdiri di atas karang ini dan menengok ke kiri di pagi hari untuk melihat sunrise, atau menengok ke kanan saat petang untuk menikmati sunset.
 
Ada juga Pulau Nusa barung yang merupakan titik batas Indonesia selatan di Pulau Jawa. Melalui lomba ini wisatawan yang ingin menonton JFC diharapkan tergerak untuk menjelajah objek wisata Jember yang lain.
 
Endy menjelaskan eksplorasi tempat-tempat baru seperti ini akan menjadi nilai tambah bagi peserta lomba. Ia percaya tahun ini foto yang masuk akan lebih beragam, tak lagi terpusat pada kegiatan JFC.
 
Tahun 2014 sendiri ada 433 foto yang masuk dan 113 peserta lomba. Diantara peserta tersebut bahkan ada yang berasal dari Malaysia dan Singapura.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com