Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Fest Segera Hadir di Indonesia

Kompas.com - 02/09/2015, 19:04 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sukses menyelenggarakan German Year di Brazil, India, dan China, kini Jerman melalui Kedutaan Besar Jerman di Indonesia akan mengadakan "Jerman Fest" di Indonesia. Rangkaian acara ini akan dibuka pada Sabtu (5/9/2015) mendatang di Taman Ismail Marzuki dan akan berlangsung selama tiga bulan di berbagai tempat di Indonesia.

 
"Ini akan menjadi event terbesar yang pernah diselenggarakan di Indonesia," ujar Georg Witschel, Duta Besar Jerman untuk Indonesia, dalam acara konferensi pers Jerman Fest di Goethe House, Jakarta, Rabu (2/9/2015).
 
Jerman Fest merupakan rangkaian festival yang sebagian besar berkutat di bidang kebudayaan. Tema yang diangkat adalah "Bersama Menuju Masa Depan". Meski demikian, acara ini juga tetap menyentuh aspek-aspek lain seperti sosial, politik, dan ekonomi. Beberapa hal juga akan difokuskan melalui kegiatan, misalnya bisnis, perkembangan teknologi baru, musik, tarian, dan olahraga.
 
German Fest akan diadakan di tujuh kota di Indonesia, meliputi Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Denpasar. Pembukaan acara diawali dengan pemutaran film bisu klasik "Metropolis" versi durasi asli bersama orkes film Jerman Babelsberg. Nantinya Babelsberg juga akan melakukan konser paduan suara bersama tim paduan suara Indonesia.
 
Georg juga mengatakan pihaknya sudah menyiapkan dana sebesar 1,4 juta Euro untuk acara ini. Ia berharap dengan dana ini, Jerman Fest dapat berjalan mulus dan maksimal.
 
Pada waktu yang sama, Indonesia juga menjadi tamu kehormatan di Frankfurt Book Fair 2015, perkan raya buku terbesar di dunia. Bersama dengan Jerman Fest, kedua acara besar ini diharap akan meningkatkan hubungan baik Jerman dengan Indonesia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com