Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajaib, Kawah Biru Cantik Ini Lokasinya Sering Pindah

Kompas.com - 03/09/2015, 17:06 WIB

KOMPAS.com - "Keajaiban" begitulah masyarakat sekitar menyebut wisata Kawah Biru Tinggi Raja, Simalungun. Berada di tengah hutan belantara, ada kawasan belerang biru tersendiri. Tanah yang awalnya datar pun merosot hingga membuat kedalaman hampir 10 meter.

Kini kawasan tersebut dikunjungi wisatawan yang penasaran melihat kawah yang memiliki warna biru yang cerah, bak melihat langit, dengan air tak punya noda setitik pun. Pernando, pemandu dan penduduk sekitar menuturkan, keajaiban kawah biru tersebut berpindah-pindah.

Tanah yang awalnya datar dan memiliki pohon yang rimbun, tiba-tiba kering dan membuat lubang sebesar kolam yang dalam dengan sendirinya. "Dulu kawahnya ada di sini (kali sebelah kawah biru kini berada). Setiap beberapa tahun ia berpindah-pindah, tapi masih sekitar kawasan hutan 167 hektar ini," kata Pernando.


Kawah Biru di Simalungun (Tribun Medan/ Silfa Humairah)
Ia menuturkan, uniknya kawah biru tersebut juga memiliki Bukit Kapur yang juga biasa disebut oleh sebagian orang dengan Salju Panas. "Bukit Kapur mengaliri air panas dari sumber mata air belerang yang berada di atas bukit tersebut," katanya.

Sementara ini Mirwan, penduduk sekitar menuturkan, pengunjung yang datang bukan hanya wisatawan lokal tetapi juga mancanegara. Wisatawan paling ramai pada Minggu dan datang dari beragam kota dan negara.

"Bule banyak datang dan biasanya semua pengunjung harus masuk menggunakan pemandu dari penduduk sekitar, karena area kawah biru berada di tengah hutan," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com