Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemrosesan Tembakau, Potensi Wisata Unik di Jember

Kompas.com - 10/09/2015, 15:16 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Pemrosesan tembakau dianggap sebagai hal yang unik untuk dikembangkan sebagai potensi wisata di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pengembangan potensi wisata tembakau disiapkan untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

"Ada hal unik yang bisa digali di Jember seperti memproses tembakau. Dari mulai perlakuannya seperti proses jepit (tembakau)," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, Sandi Suwardi Hasan kepada para wartawan saat ditemui di Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015).

Ia mengatakan jika wisman dari Belanda dan Italia tertarik untuk mengetahui pemrosesan tembakau ketika berkunjung ke Jember. Ada unsur-unsur edukasi lokal yang membuat wisman melihat pemrosesan tembakau. "Mereka tertarik apa kehebatan dari para wanita pemetik dan pengolah tembakau," katanya.

Selain itu proses penjemuran tembakau, menurut Sandi, juga menarik untuk dipelajari. Beberapa hal menjadi faktor penentu keberhasilan proses penjemuran tembakau. "(Tembakau) sesuatu yang gak boleh terpapar misalnya abu vulkanik. Akan mudah terkena virus," katanya.

Sandi memberikan contoh jika tembakau ditanam bersebelahan dengan tanaman jagung. Saat jagung dipanen, virus yang terdapat di jagung akan pindah ke tembakau dan merusak pertumbuhan tembakau.

Jember merupakan salah satu daerah penghasil tembakau di Jawa Timur dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Salah satu contoh agrowisata tembakau yang berkembang di Jember adalah Wisata Agro Tembakau Jember Besoeki Na Oogst di Desa Ajung, Kecamatan Jenggawah, Jember, Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com