Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Berfoto di Kursi Raksasa Gunung Gumitir

Kompas.com - 12/09/2015, 08:49 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Jika sedang berwisata menuju Banyuwangi dari Surabaya melalui jalur selatan menggunakan mobil atau motor, sempatkanlah untuk mampir ke Cafe & Rest Area Gumitir untuk berfoto di sebuah kursi kayu raksasa yang terletak di area parkir.

Anda dapat berfoto di kursi kayu raksasa dengan latar belakang pegunungan dan panorama kebun kopi tersebut secara gratis. "Untuk kursi raksasa ini terbuat dari kayu segawe yang berasal dari afdeling Tanah Manis PTP XII," kata Manager Kebun Gunung Gumitir, Ari Restiyanto kepada wartawan saat ditemui wartawan di Cafe & Rest Area Gumitir, Jember, Jawa Timur, Kamis (10/9/2015).

Menurut Ari, kursi raksasa tersebut merupakan daya tarik bagi para pengunjung Cafe & Rest Area Gumitir untuk berfoto. Ari menjelaskan bahwa kursi raksasa ini dibuat dari enam batang kayu Segawe (Adentahera microsperma). "Ukuran (kursi raksasa) 3 x 3 meter. Tinggi alas kursi 2,5 meter kalau tinggi sandaran kursi 5,3 meter," kata Ari.

Selain di kursi raksasa, para pengunjung dapat juga berfoto di terowongan terpanjang di Indonesia yang memiliki panjang 980 meter yaitu Terowongan Mrawan. Pihak pengelola akan mengantarkan pengunjung ke terowongan peninggalan kolonial Belanda dengan biaya Rp 25.000 orang. "Namun cuma bisa foto di mulut terowongannya aja. Masih aktif buat lalu lintas kereta," katanya.

Cafe & Resto Gumitir berada di ketinggian 680 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan berlokasi di tepi jalan provinsi yang menghubungkan wilayah Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi. Terletak sekitar 39 kilometer dari kota Jember, Cafe & Rest Area Gumitir tak hanya menyediakan panorama perbukitan dan kawasan perkebunan kopi tapi juga atraksi wisata seperti jalur bersepeda, outbound, area perkemahan, dan kuliner tentunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com