Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Kupat Tahu Magelang Langganan SBY

Kompas.com - 16/09/2015, 19:06 WIB
SAYA tahu Warung Kupat Tahu ini dari Instagram Bu Ani (mantan ibu negaraAni Yudhoyono) dan membuat saya penasaran dengan warung ini. Jadi begitu sampai Magelang, tujuan utama kuliner saya adalan mencicipi Kupat Tahu Magelang langganan Bu Ani dan Pak SBY.

Lokasinya di Jalan Tentara Pelajar Kios Nomor 14, Magelang, Jawa Tengah.

Jl. Tentara Pelajar Kios no 14
Magelang Jawa Tengah - See more at: http://wisataseru.com/2015/09/warung-langganan-pak-sby-jika-ke-magelang/#sthash.mvtxyY99.dpuf
Warungnya tidak persis di alun-alun, tetapi harus masuk jalan kecil sekitar 15 meter dari alun-alun. Begitu sampai di warung, harum bumbu kacang dan tahu yang sedang digoreng membuat saya lapar!

Warung ini sangat sederhana namun sangat terjaga kebersihannya, mulai dari kolong meja dan bangku, meja, piring, gelas, toples, dan bahkan jendela kayunya tersebut. Kemudian hal lain yang menarik perhatian saya adalah terpajangnya foto-foto sejumlah petinggi negara dan artis legendaris di dinding warung (termasuk foto Pak SBY dan Bu Ani). Memang legenda warung ini, apalagi ada tulisannya “Sejak 1942″, sebelum Indonesia Merdeka loh.

Kini yang berjualan adalah generasi ke-3 yaitu Ibu Kuntari. Bu Kuntari mengaku ia terus mencoba untuk mempertahankan keaslian rasa dan suasana supaya pelanggan bisa terus merasakan nostalgia. Untuk itu ia juga menjaga sendiri warungnya.

Ia pun tetap rendah hati, meski pelanggannya adalah kaum jetset. Kerendahan hati itu terlihat pada warung yang tetap sederhana, makanan yang tetap murah meriah, dan seperti tak terusik oleh siapa pun yang pernah makan di warungnya. Apapun pangkat dan status sosialnya, asal masuk ke warung ini, ia tetap adalah pelanggan Bu Kuntari.

Catur Guna Yuyun Ang Warung Kupat Tahu Pojok Magelang
Terus terang ini adalah pertama kalinya saya makan Kupat Tahu Magelang. Tetapi saya menganggap ini sebuah keberuntungan, karena dengan begini saya bisa tahu rasa asli kupat tahu magelang ketika besok kembali ke Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com