Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisatawan ke Ambon Didominasi Turis Belanda dan Australia

Kompas.com - 17/09/2015, 08:12 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Kota Ambon, Maluku, dalam kurun waktu Januari hingga September 2015 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Ambon, Henry Sopacua mengungkapkan sepanjang Januari hingga September 2015, tercatat sebanyak kurang lebih 4.000 wisman telah berkunjung ke Kota Ambon. “Jumlah turis yang berkunjung ke Kota Ambon sangat tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Dari Januari sampai dengan September ini saja ada sekitar 4.000 turis yang berkunjung ke Ambon,” ungkapnya, Rabu (16/9/2015).

Dia menjelaskan dari ribuan turis yang datang ke Ambon itu umumnya adalah turis asal Australia dan Belanda. Selain itu ada juga turis asal Jerman, Jepang, China dan Singapura serta turis dari negara lainnya. “Kalau yang itu dari Australia dan Belanda. Nanti di bawahnya ada Jerman, Jepang, China dan Singapura serta Malaysia,” katanya.

Menurut Sopacus, ada beberapa faktor yang menarik para wisman ini datang ke Kota Ambon. Selain untuk berwisata, kedatangan para wisman ini juga karena ingin menyaksikan sejumlah agenda yang telah digelar di Kota Ambon dalam rangkaian kegiatan tahun kunjungan wisata. “Banyak dari wisatawan tertarik datang ke Ambon karena ingin menikmati wisata bahari tapi juga ada yang ke sini untuk menghadiri sejumlah event yang telah kita selenggarakan,” katanya.

KONTRIBUTOR KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTY Wali Kota Darwin, Wali Kota Darwin Katrina Fong Lim, Kepala Staf Atase Pertahanan Australia di Indonesia Brigadir Jhon Gould, Kepala Bagian Politikdan Ekonomi, Dr Bredley Amstrong serta ratusan warga Austrlia memperingati Anzac Day di taman persemakmuran Kapaha Ambon, Kamis (10/9/2015)
Dia mengaku khusus untuk wisatawan Australia selain karena wisata bahari di Ambon yang sangat menjanjikan, kebanyakan dari mereka juga datang untuk menghadiri acara peringatan Gull Force di Kota Ambon yang setiap tahun selalu dilakukan.

Terkait prospek kunjungan wisatawan ke Kota Ambon, Henry Sopacua optimistis ke depan Kota Ambon akan dikunjungi lebih banyak lagi wisman. ”Kalau ke depan kami yakin pasti sangat banyak yang datang. Ini disebabkan karena secara sosial kondisi Ambon sudah sangat baik dan panorama Ambon tentunya sangat menjanjikan untuk dinikmati wisatawan,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com