Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Wisatawan Terusik Asap Sumatera

Kompas.com - 18/09/2015, 09:37 WIB
MEDAN, KOMPAS.com - Jonathan Daniels Rojas dan Lia Le Ster sengaja terbang jauh-jauh dari Perancis ke Indonesia untuk melakukan perjalanan beberapa pekan ke sejumlah daerah tujuan wisata utama di Pulau Sumatera.

Mereka tidak memilih Bali yang popularitasnya telah mendunia sebagai tujuan pertama berlibur di Indonesia melainkan Sumatera. "Kami mengenal Sumatera yang eksotis dari program televisi di Perancis yang mengangkat tempat bernama Mentawai," kata Jonathan.

Karena kesan yang mendalam tentang Sumatera inilah agaknya yang mendorong pasangan muda Perancis ini memulai perjalanan mereka mengeksplorasi keindahan panorama alam pegunungan dan bahari Nusantara berikut keunikan dan keberagaman seni-budaya serta sejarah masyarakatnya tidak dari Jakarta melainkan Padang, Sumatera Barat.

"Kami tiba di Jakarta pada 7 September dan langsung terbang ke Padang. Dari Padang kami melanjutkan perjalanan wisata kami ke Bukittinggi. Lalu ke Bonjol. Kami menikmati sekali perjalanan di Sumatera Barat ini terlebih lagi saat melintasi garis ekuator Bonjol," kata Jonathan.

Pria asal Kota Dijon di Perancis timur ini bahkan tampak bangga menunjukkan kaus oblong warna biru berlambang dan bertuliskan "Ekuator Bonjol" yang dikenakannya kepada Antara saat ditemui di Museum Huta Bolon Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Minggu (14/9/2015) lalu.

Dari Bonjol, mereka melanjutkan petualangan wisata mereka ke Kota Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Seperti kebanyakan wisatawan mancanegara lainnya, mereka pun menyeberang ke Pulau Samosir.

SONORA/S JUMAR SUDIYANA Patung Sigale-gale di Desa Wisata Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Halaman:
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com