Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Gencar Sambut Wisatawan Muslim

Kompas.com - 20/09/2015, 13:41 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

JAKARTA. KOMPAS.com - Wisata Muslim ke berbagai negara belakangan menjadi trend yang sedang berkembang. Tak ketinggalan, Taiwan turut mengajukan potensi wisata muslimnya bagi wisatawan Indonesia yang ingin ke sana. Director Taiwan Tourism Bureau KL Office, David Tsao mengatakan saat ini Taiwan sedang gencar menyambut wisatawan Muslim ke negaranya. "Kita lagi gencar-gencarnya menyambut warga Muslim ya," kata David dalam acara Taiwan Travel Fair di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (19/9/2015).

Berbagai fasilitas telah dipersiapkan untuk wisatawan Muslim. Salah satunya ialah 13 taman nasional yang memiliki fasilitas untuk wisatawan Muslim seperti mushola dan tempat wudhu. Kemudian ada juga 7 taman perkebunan ramah Muslim, di antaranya Shangrila Leisure Farm, TaiYi Ecological Leisure Farm, Long Yub Leisure Farm, Forest 18 Leisure Farm, dan Chienhu Chuanchu Ecological Farm.

Tak hanya taman dan kebun, Taiwan juga sudah memiliki enam masjid besar yang tersebar di seluruh negara. Tiga di antaranya ialah Taipei Grand Mosque, Taichung Mosque, dan Kaoshiung Mosque. Menurut David masjid-masjid ini sejauh ini belum bisa dikatakan sebagai obyek wisata atau 'landmark'. "Tapi kita berusaha ke depannya mungkin bisa ya," ujar David.

Tak hanya tempat ibadah, Taiwan juga sudah memiliki 80 hotel dan rumah makan bersertifikasi halal. Sertifikasi dikeluarkan oleh Chinese Moslem Association. Salah satu tanda yang diberikan untuk produk makanan ialah cap. Chesnut Cake milik Vigor Kobo misalnya, salah satu 'brand' Taiwan memberikan cap halal pada kemasannya.

Selain itu banyak juga tawaran paket wisata 'Taiwan Moslem' yang bermunculan. Beberapa di antaranya produk 'Great Taiwan Moslem' dan 'Taiwan Moslem Tour Free and Easy' yang dikeluarkan Panorama Tour. Kedua produk ini menawarkan wisatawan kunjungan ke beberapa masjid di Taiwan.

Menurut Managing Director PT Panorama Tours Indonesia, Hellen Xu, yang membedakan wisata Muslim dengan wisata lain adalah perihal makanan dan acaranya. "Terkait penambahan wisata, hanya berbeda di masjid. Sisanya destinasinya garis besar sama sih," terangnya usai pembukaan World of Panorama (WoP) - Travel Shiok! di Atrium Utama, Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (19/9/2015). Selain itu, pengunjung yang membeli paket wisata dalam acara WoP, akan mendapat potongan harga hingga Rp 400.000. Menurut Hellen promo ini hanya berlaku di pameran ini saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com