Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Akan Hadiri Tour de Singkarak 2015

Kompas.com - 20/09/2015, 16:08 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan hadir pada event Tour de Singkarak 2015. Jokowi akan hadir di garis finish Tour de Singkarak, Padang pada etape ke-11, Minggu (11/10/2015) untuk menyambut para peserta sekaligus menutup acara.

"Pak Jokowi rencananya tanggal 10 atau 11 hadir. Baru dapat kabar tadi malam dari pak menteri (Menpar Arief Yahya)," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty saat diwawancarai di sela-sela acara Fun Bike Road Tour de Singkarak 2015 di Pelataran Parkir Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Minggu (20/9/2015).

Esthy mengatakan Kementerian Pariwisata masih terus berkoordinasi dengan pihak Istana Negara terkait kehadiran Jokowi pada event Tour de Singkarak. Saat dikonfirmasi lebih lanjut terkait Jokowi akan bersepeda atau tidak, Kemenpar akan menawarkan untuk mencoba bersepeda.

"Kita tawarin (Presiden Jokowi) untuk bersepeda," beber Esthy.

Pimpinan Penyelenggara Tour de Singkarak 2015, Sapta Nirwandar turut mengkonfirmasi kehadiran Jokowi pada event Tour de Singkarak 2015. Ia mengatakan sudah mendapat kepastian kehadiran Jokowi di tanah Sumatera Barat.

"Jokowi datang tanggal 10 Oktober. Sudah dipastikan akan hadir," ungkap Sapta.

Ia menjelaskan agenda kehadiran Jokowi adalah untuk menutup helatan Tour de Singkarak di garis finish pada Minggu (11/10/2015). Namun ia menampik bahwa Jokowi akan ikut bersepeda pada etape terakhir Tour de Singkarak 2015.

"Tour de Singkarak kan lomba. Pasti pada cepet-cepet. Paling fun bike saja," tutup Sapta.

Tour de Singkarak 2015 memiliki 9 etape sepanjang 1.300 kilometer. Ajang balap sepeda yang digelar pada 3-11 Oktober 2015 ini akan membawa para peserta balap sepeda dari seluruh penjuru dunia menjelajahi keindahan alam serta aneka kuliner dan juga budaya khas Sumatera Barat. Sebanyak 25 tim akan turut serta dengan total hadiah mencapai Rp 1,4 miliar.

Sebelumnya, pada pagi hari, Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Forum Wartawan Pariwisata menggelar kegiatan Fun Bike Road to Tour de Singkarak 2015. Para peserta fun bike bersepeda mulai dari halaman parki Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata menuju Kawasan Car Free Day Jalan MH Thamrin dan kembali ke halaman parkir. Fun bike ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mempromosikan acara Tour de Singkarak 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com