Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Promosi Pariwisata lewat Olahraga

Kompas.com - 27/09/2015, 09:12 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mempromosikan wisata melalui International Surfing Competition di Pantai Pulau Merah yang dibuka oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Jumat (25/9/2015).

Acara yang rutin digelar sejak empat tahun terakhir tersebut diikuti 80 peselancar dari berbagai negara antara lain Swedia, Swiss, Finlandia, Perancis, Hungaria, Jerman Venezuela, Amerika Serikat, Korea, Australia, Jepang, Thailand, dan Indonesia.

Kepada KompasTravel, Bupati Anas menjelaskan untuk tahun depan, lokasi kompetisi surfing akan dipindahkan untuk mempromosikan pantai di kawasan Banyuwangi lainnya. "Selama empat tahun kegiatan surfing diadakan di Pantai Pulau Merah. Kemungkinan tahun depan akan dipindahkan ke pantai lain seperti Pantai Grajakan atau Pantai Mustika agar merata," jelas Anas.

Menurut Bupati Banyuwangi, sejak rutin digelar kompetisi selancar, Pantai Pulau Merah kini sudah mulai terkenal. Wisatawan juga mulai ramai dengan tren kunjungan yang terus meningkat. "Sport tourism cukup efektif dalam memperkenalkan destinasi. Di beberapa negara, sport tourism sudah menyatu dalam konsep pemasaran pariwisatanya," kata Anas.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Peserta Pulau Merah Banyuwangi International Surfing Competition 2014, Jumat (23/5/2014).
Surfing competition merupakan salah satu acara wisata olahraga yang terus dikembangkan oleh Banyuwangi. Jenis wisata ini menjadi bagian dari pengembangan pariwisata berbasis alam yang menjadi segmentasi kabupaten "The Sunrise of Java" ini.

"Kami terus berusaha memberi nilai tambah pada destinasi kami. Selain mengembangkan infrastrukturnya, salah satu cara kami mempromosikan destinasi ini adalah dengan menggelar sejumlah event di destinasi. Seperti kite surfing yang kami gelar untuk mempromosikan Pulau Tabuhan," kata Anas.

Lomba yang berlangsung 25-27 September ini melombakan 8 kategori yakni open international, national, expert, long board, paddle race, girl division. Juga ada grommet <14 tahun, dan pushing division < 10 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com