Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Wisman Suka Minum Kopi di Kafe dan Restoran?

Kompas.com - 29/09/2015, 16:35 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia lebih banyak minum kopi di restoran dan kedai kopi. Hal tersebut disebabkan karena faktor tuntutan standar kopi yang tinggi sebelum meminum kopi.

"Mereka banyak minum kopi di restoran dan kafe karena mempermasalahkan standar. Misalnya standar logam berat di kopinya, apa ada benda asing seperti pasir atau batu, dan kemurnian kopi," jelas Direktur Industri Minuman dan Tembakau, Faiz Achmad saat dihubungi KompasTravel di Jakarta, Selasa (27/9/2015).

Masalah higienitas dalam penyediaan kopi juga turut menjadi masalah. Menurut Faiz, wisman takut minum kopi tubruk karena kualitas kopi yang tidak jelas, air yang digunakan untuk menyeduh kopi, dan cara pembuatan kopi.

"Nah misalnya ngaduk kopinya. Tangannya bersih atau tidak. Ada sih yang minum di pinggir jalan, itu yang kelasnya menengah ke bawah," ujarnya.

KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Kopi peranakan di Koffie Warung Tinggi, dituang di piring, baru diseruput.
Faiz menambahkan juga wisman yang berkunjung ke Indonesia gemar menikmati kopi jenis arabika yang diseduh tanpa gula. Jika wisatawan asing mencoba kopi yang diminum orang Indonesia, lanjut dia, mereka merasa heran dengan kualitas rasa kopi yang disajikan.

"Mereka bingung, kenapa orang Indonesia minum kopi kok manis dan kental, he-he," ungkapnya.

Dalam rangka Pencanangan Hari Kopi Internasional di Indonesia, diselenggarakan minum kopi gratis di Gedung Garuda Lantai 2 di Kementerian Perindustrian di Jalan Gatot Subroto Kav 52-53 Jakarta pada Kamis (1/10/2015) mendatang. Pengunjung bisa mulai datang pada pukul 10.00 WIB hingga ditutup pukul 15.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com