Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruan... Bikin Video Wisata Anda, Lalu Unggah Otomatis ke YouTube!

Kompas.com - 01/10/2015, 08:58 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Berkunjung ke lokasi wisata merupakan hal yang lumrah dilakukan untuk menikmati liburan. Selain dapat menenangkan pikiran, keindahan lanskap dan panorama yang kita saksikan saat berlibur sering kali menarik untuk diabadikan dalam jepretan kamera.

Bagi Anda yang sedang merancang perjalanan wisata, berikut beberapa tips telah dirangkum Kompas.com untuk mengabadikan momen indah liburan Anda lewat lensa kamera ponsel, baik saat merekam video lanskap maupun keindahan panorama di lokasi wisata.

Buat konsep menarik

Anda memerlukan konsep jika ingin mengabadikan momen liburan menjadi sebuah video menarik. Terlebih, jika Anda tak ingin rekaman tersebut menjadi sebuah video yang terbuang sayang dan bisa diolah kembali.

Cara menentukan tema cukup beragam. Anda bisa memilih sekadar dokumentasi perjalanan, keseruan bareng teman-teman, liputan destinasi sampai video timelapse keindahan destinasi wisata yang Anda kunjungi.

Jika sudah menemukannya, Anda akan tahu kapan mengambil gambar dan tempat penting. Dengan begitu, bukannya tidak mungkin Anda akan menciptakan sebuah video liburan dengan sisi artistik yang kompleks.

Kemampuan kamera ponsel

Kemampuan kamera pada ponsel Anda akan menentukan kualitas rekaman. Memilih ponsel dengan resolusi kamera besar dapat menghasilkan video bergambar tajam dan bersih.

Pada saat merekam video tentunya perlu memperhitungkan agar tidak terjadi banyak pergerakan tak stabil. Dalam masalah ini, Anda mungkin bisa menambahkan tripod ataupun monopod untuk menyeimbangkan pergerakan atau getaran saat merekam.

Oik Yusuf/ Kompas.com Galaxy Note 5 dengan Stylus S Pen
Perhatikan kapasitas baterai dan memori ponsel

Jangan kaget jika daya ponsel Anda cepat terkuras ketika merekam video petualangan. Selain itu, kapasitas memori ponsel Anda juga akan termakan karena file-file rekaman.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih ponsel dengan daya ponsel tahan lama dan storage besar. Zaman sekarang banyak ponsel menawarkan fasilitas pengisian daya cepat serta memori internal besar yang masih didukung memori eksternal.

Khusus untuk berwisata, Anda bisa memilih smartphone Samsung Galaxy Note 5 yang telah merakum semua kemampuan di atas. Dengan adanya fitur Video Digital Image Stabilization di ponsel cerdas ini Anda tak perlu lagi repot membawa monopod ketika travelling.

Berkat fitur tersebut para traveller cukup terbantu dalam meredam getaran ketika pengambilan gambar di medan berliku sekalipun. Dengan begitu, hasil video perjalanan Anda tetap stabil dan terlihat semakin smooth. Maksimalkan ketajaman fokus video dengan Optical Image Stabilization hingga hasil video Anda jauh dari blur.

Melengkapi ketajaman fokus saat mengabadikan momen, ponsel ini didukung kamera beresolusi 16 megapiksel dan lensa F1.9, sehingga tetap akan menghasilkan gambar jernih bahkan dalam cahaya redup sekalipun.

Selain itu, adanya fitur fast charging sehingga pengisian daya baterai tidak butuh waktu lama. Kemampuan wireless fast charging membuat Anda bisa tetap merekam sambil mengisi daya ponsel. Hanya dalam waktu 90 menit beterai pun penuh kembali.

Terakhir, Samsung menambahkan fungsi Live Broadcast video pada Samsung Galaxy Note 5. Anda bisa mengunggah video secara otomatis dengan akun YouTube Anda dan langsung dibagikan ke teman-teman atau keluarga. Liburan pun dapat semakin berwarna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com