Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2015, 16:00 WIB
MATARAM, KOMPAS.com- Provinsi Nusa Tenggara Barat akhir pekan ini akan mempromosikan obyek wisata dan beragam budayanya dalam ajang Lombok Sumbawa Festival di Kota Bandung, Jawa Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Moh Faozal di Mataram, Kamis (1/10/2015), mengungkapkan hal tersebut mengingat Pulau Lombok dan Sumbawa kini menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk datang berkunjung menikmati destinasi wisata dan budayanya.

"Festival ini dirancang sebagai bagian dari promosi wisata dan budaya Pulau Lombok dan Sumbawa yang akan di gelar pada Minggu ini di Kota Bandung," kata Faozal.

Tujuan dari kegiatan ini, lanjutnya, tidak lain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun luar negeri. "Agar terget kita mendatangkan dua juta pengunjung dapat terlampaui di akhir tahun, promosi Lombok Sumbawa kepada segmen wisatawan nusantara terus dilakukan, salah satunya yang akan di gelar di Bandung ini," ujarnya.

Lombok Sumbawa Festival akan di gelar 3-5 Oktober mendatang, dalam serangkaian acaranya, akan ditampilkan parade budaya seperti adat nyongkolan, presean, tenun khas Lombok Sumbawa, penampilan adat Samawa dan Mbojo, serta turut menampilkan pentas seni khas Lombok Sumbawa.

Selain itu, kata dia, NTB juga akan turut menampilkan pameran potensi wisata, investasi dan ekonomi kreatif di Museum Konferensi Asia Afrika Bandung. Seminar Geopark Rinjani pun, juga akan di gelar di tempat yang sama.

Lombok Festival 2015, lanjutnya, juga akan dimeriahkan oleh asosiasi dari para pelaku wisata, seperti INCCA yang akan melakukan Lombok Sumbawa MICE gathering dan ASITA dengan pertunjukan "table top" bersama asosiasi pariwisata di Kota Bandung.

Lebih lanjut, agar kegiatan ini berjalan lancar, panitia Lombok Sumbawa Festival 2015 turut menggandeng sejumlah mahasiswa dan masyarakat NTB yang ada di Kota Bandung untuk ikut serta ambil bagian membantu promosi Lombok Wisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com